Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semangat Dunia Vokasi di Tengah Pandemi

GM Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbudin mengatakan kreativitas yang dilakukan oleh guru-guru dan para siswa dari SMK yang mengajarkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda patut diapresiasi.
Melalui Kontes Kreativitas Pembelajaran Online dan Vocational Video Challenge, PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan apresiasi kepada guru maupun siswa yang memberikan energi positifnya di tengah keterbatasan melalui kreasi-kreasi penyampaian materi ajar yang inspiratif.
Melalui Kontes Kreativitas Pembelajaran Online dan Vocational Video Challenge, PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan apresiasi kepada guru maupun siswa yang memberikan energi positifnya di tengah keterbatasan melalui kreasi-kreasi penyampaian materi ajar yang inspiratif.

Bisnis.com, BANDUNG - Pandemi membuat semua orang berusaha adaptif dengan keadaan. Salah satu bentuknya berupa proses belajar mengajar daring di dunia vokasi otomotif. Jika di kondisi normal bisa belajar dan praktik langsung di workshop, kini hal itu menjadi sesuatu yang susah dilakukan. Dunia vokasi pun butuh cara baru di tengah keterbatasan belajar siswa di masa pandemi.

Kreativitas dalam kegiatan belajar mengajar pun menjadi harapan untuk menjaga semangat dunia pendidikan di masa pandemi. Melalui Kontes Kreativitas Pembelajaran Online dan Vocational Video Challenge, PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan apresiasi kepada guru maupun siswa yang memberikan energi positifnya di tengah keterbatasan melalui kreasi-kreasi penyampaian materi ajar yang inspiratif.

GM Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbudin mengatakan kreativitas yang dilakukan oleh guru-guru dan para siswa dari SMK yang mengajarkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda patut diapresiasi. Mereka semua mampu mendobrak keterbatasan kondisi belajar mengajar di masa pandemi melalui kreasi yang mereka buat.

“Apresiasi kami berikan pada guru dan juga siswa yang dapat memberikan semangat di masa pandemi ini melalui kreasi belajar mengajar yang menarik. Kami ingin dapat selalu hadir untuk terus memberikan kontribusi positif di dunia vokasi,” ujar Muhibbuddin.

Guru Kreatif

Dilaksanakan pada bulan September – Oktober 2020, Kontes Kreativitas Mengajar Online 2020 diikuti oleh 682 guru SMK yang mengajarkan Kurikulum TBSM Astra Honda. Dalam kompetisi ini, para guru ditantang mempresentasikan secara kreatif 2 materi ajar yaitu materi wajib terkait teknologi Honda PGM-FI dan satu pilihan materi yaitu mengenai alat ukur, sistem bahan bakar, wiring diagram, atau sistem pengereman Combi Brake System (CBS) pada motor skutik Honda. Para peserta ini diuji oleh juri-juri profesional yang berpengalaman di bidang training pengajar maupun dari segi teknis untuk menilai peserta dari materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum.

Pembelajaran jarak jauh secara daring menjadi tantangan tersendiri bagi guru dan siswa saat ini. Para guru ditantang untuk menyajikan materi yang menarik, ringkas, dan mudah dipahami siswa dalam proses belajar mengajar yang tidak melibatkan interaksi fisik secara langsung. Gestur, intonasi, dan pemilihan bahasa mengajar yang jelas, lugas, juga menjadi tantangan besar untuk memastikan para siswa memahami dan tetap fokus pada materi pelajaran.

Kontes Kreativitas Mengajar Online 2020 memilih 3 guru dengan kreativitas mengajar terbaik. Juara pertama diraih oleh Abdul Maukup guru dari SMK Negeri 2 Kuripan, Nusa Tenggara Barat, juara kedua didapatkan oleh Enggar Bayu Saputra guru dari SMK Negeri 1 Badegan, Jawa Timur, dan juara ketiga adalah Edi Putra Wirawan dari SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Kreasi Video Belajar

Selain mengandalkan materi ajar dari guru, kreativitas siswa dalam membantu temannya memahami pelajaran menjadi pencerah di tengah keterbatasan interaksi fisik antar siswa. Sebanyak 1.203 video kompetisi belajar dikirimkan oleh siswa dari 682 SMK yang menerapkan kurikulum TBSM Astra Honda di seluruh Indonesia dalam ajang Vocational Video Challenge 2020. Kompetisi video berdurasi maksimal 15 menit ini terbagi menjadi 3 tema materi, yaitu penyetelan jarak renggang valve in/out untuk sepeda motor Honda jenis skutik, penggantian brake shoe untuk Honda Revo 110, dan teknologi PGM-FI (reset ECM, TP, dan setting altitude).

Dari ribuan video kompetisi belajar yang dikirimkan para siswa sejak awal Oktober, terpilih 81 karya video siswa yang diunggah ke YouTube dengan tagar #VocationalVideoChallenge sebagai syarat peserta untuk dapat mengikuti seleksi nasional. Apresiasi video kompetisi belajar ini diumumkan ke publik melalui feed Instagram @Sahabat1hati pada 25 November.

Maulana dari SMKN 2 Kuripan, Lombok yang mewakilkan area NTB, menjadi pemenang pada tema video penyetelan jarak renggang valve in/out untuk motor Honda jenis skutik. Video bertema penggantian brake shoe Honda Revo 110 dimenangkan oleh Bayu Ardika dari SMKN 1 Baso, Sumatera Barat. Sementara itu, video dengan tema teknologi PGM- FI (reset ECM, TP, dan setting altitude) dimenangkan oleh Alfi Nur Mujaddid dari SMKN 2 Kuripan, Lombok, NTB.

Pada kompetisi video belajar ini, penilaian tidak hanya diambil berdasar konten bahasa yang sesuai, serta memiliki unsur originalitas konten yang baik. Video belajar para pemenang Vocational Video Challenge 2020 ini dapat terus digunakan dan bermanfaat bagi pelajar SMK lainnya.

Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM sejak tahun 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda. Siswa dari SMK mitra binaan AHM juga mendapatkan materi pembelajaran dalam bentuk teori, praktik, dan praktik kerja industri (Prakerin) langsung di jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Saat ini tercatat jumlah guru produktif di seluruh SMK TBSM Astra Honda berjumlah 3.462 orang. Selain itu, terdapat 62 SMK Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh siswa SMK mitra binaan Astra Honda yang ingin melakukan sertifikasi kompetensi sebelum berkompetisi di dunia industri.

“Kami akan terus berupaya mendukung dunia vokasi dengan terus mengembangkan kreativitas serta bimbingan yang sesuai dengan dunia industri,” tutup Muhibbuddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper