Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ridwan Kamil Rajin Dites Swab Negatif Covid-19, Efek Uji Vaksin?

Sejumlah kepala daerah mulai menyatakan diri positif Covid-19, terbaru adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Bagaimana dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil?
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  13:33 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG — Sejumlah kepala daerah mulai menyatakan diri positif Covid-19, terbaru adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Bagaimana dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil?

Ridwan Kamil mengatakan dirinya sangat bersyukur karena sampai hari ini masih diberi kesehatan dan tidak terpapar Covid-19 meskipun aktivitasnya tinggi. Dia memastikan hasil swab test terakhir yang dilakukan pekan lalu membuktikan bahwa dirinya negatif.

"Saya sendiri sudah swab minggu lalu, enggak ada masalah. Alhamdulillah,” katanya di Bandung, Selasa (1/12/2020).

Dia berharap kekebalan tubuhnya salah satunya berasal dari uji klinis vaksin yang sudah disuntikan ke tubuhnya sebanyak dua kali. Karena itu pengumuman hasil uji klinis pada Desember ini sangat ditunggu.

“Dan vaksin akan diumumkan bulan ini ya. Saya sebagai relawan mudah-mudahan sehat, sehat karena vaksin, mudah-mudahan begitu," katanya.

Desember ini, efektivitas vaksin Covid-19 dari Sinovac akan diumumkan dari hasil uji klinis. Dirinya yang merupakan relawan uji klinis vaksin ini akan diambil kembali darahnya untuk diperiksa imunitasnya.

"Nah itu akan terbuktinya dalam pengumuman nanti. Kalau betul ternyata di darah saya 90 persen ada imunitas, berarti selama ini saya sehat ya karena vaksin yang berfungsi itu kan. Seperti yang diharapkan. Kita tunggu saja, mungkin dalam seminggu dua minggu keputusan tim," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top