Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Rajin Dites Swab Negatif Covid-19, Efek Uji Vaksin?

Sejumlah kepala daerah mulai menyatakan diri positif Covid-19, terbaru adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Bagaimana dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil?
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG — Sejumlah kepala daerah mulai menyatakan diri positif Covid-19, terbaru adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Bagaimana dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil?

Ridwan Kamil mengatakan dirinya sangat bersyukur karena sampai hari ini masih diberi kesehatan dan tidak terpapar Covid-19 meskipun aktivitasnya tinggi. Dia memastikan hasil swab test terakhir yang dilakukan pekan lalu membuktikan bahwa dirinya negatif.

"Saya sendiri sudah swab minggu lalu, enggak ada masalah. Alhamdulillah,” katanya di Bandung, Selasa (1/12/2020).

Dia berharap kekebalan tubuhnya salah satunya berasal dari uji klinis vaksin yang sudah disuntikan ke tubuhnya sebanyak dua kali. Karena itu pengumuman hasil uji klinis pada Desember ini sangat ditunggu.

“Dan vaksin akan diumumkan bulan ini ya. Saya sebagai relawan mudah-mudahan sehat, sehat karena vaksin, mudah-mudahan begitu," katanya.

Desember ini, efektivitas vaksin Covid-19 dari Sinovac akan diumumkan dari hasil uji klinis. Dirinya yang merupakan relawan uji klinis vaksin ini akan diambil kembali darahnya untuk diperiksa imunitasnya.

"Nah itu akan terbuktinya dalam pengumuman nanti. Kalau betul ternyata di darah saya 90 persen ada imunitas, berarti selama ini saya sehat ya karena vaksin yang berfungsi itu kan. Seperti yang diharapkan. Kita tunggu saja, mungkin dalam seminggu dua minggu keputusan tim," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper