Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jabar Minta Dubes Promosikan Peluang Investasi di Rebana Metropolitan

Permintaan promosi ini terungkap dalam pertemuan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dengan Dubes RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization Desra Percaya.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 29 November 2020  |  10:32 WIB
Foto udara proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020). - ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Foto udara proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020). - ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta supaya para duta besar ikut mempromosikan rencana pengembangan Rebana Metropolitan, khususnya pada investor Eropa.

Ikhwal permintaan promosi ini terungkap dalam pertemuan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO) Desra Percaya.

Dalam pertemuan tersebut, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengajak agar Desra Percaya mempromosikan proyek investasi Jabar kepada investor maupun perusahaan Inggris dan Irlandia. Salah satunya adalah Rebana Metropolitan.

"Kami ingin Inggris menjadi mitra utama di Jabar. Namun, saat ini, saya melihat masih kurangnya intensitas promosi yang harus dibangun bersama Duta Besar kita," kata Emil melalui pernyataan yang dikutip, Minggu (29/11/2020).

Rebana Metropolitan ini merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

Penduduk di kawasan Rebana Metropolitan berjumlah 9,28 juta atau sekitar 18,82 persen dari total 49,30 juta jiwa penduduk Jabar per 2019.

Sebagai jantung pertumbuhan kawasan ini, ada Pelabuhan Patimban di Kab. Subang dan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kab. Majalengka yang berfungsi sebagai pusat konektivitas dan logistik.

Rebana Metropolitan diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jabar di masa depan melalui pengembangan kawasan industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi, serta berkelanjutan.

"Saya harap Inggris bisa turut serta dengan membangun kota berbasis aerospace [di Rebana Metropolitan]. Ke depan minimal satu juta warga akan tinggal dekat bandara [Kertajati]," imbuhnya.

Dubes RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan IMO Desra Percaya mengatakan bahwa sebagai perwakilan Pemerintah Indonesia, termasuk Pemprov Jabar, pihaknya siap mempromosikan proyek investasi di Jabar kepada investor Inggris.

"Kalau ada arahan dari Pak Gubernur, kami siap membantu karena kami juga perwakilan Bapak di luar negeri," kata Desra.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi daerah ridwan kamil
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top