Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabar Minta Dubes Promosikan Peluang Investasi di Rebana Metropolitan

Permintaan promosi ini terungkap dalam pertemuan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dengan Dubes RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization Desra Percaya.
Foto udara proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020)./ANTARA FOTO-Raisan Al Farisi
Foto udara proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020)./ANTARA FOTO-Raisan Al Farisi

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta supaya para duta besar ikut mempromosikan rencana pengembangan Rebana Metropolitan, khususnya pada investor Eropa.

Ikhwal permintaan promosi ini terungkap dalam pertemuan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO) Desra Percaya.

Dalam pertemuan tersebut, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengajak agar Desra Percaya mempromosikan proyek investasi Jabar kepada investor maupun perusahaan Inggris dan Irlandia. Salah satunya adalah Rebana Metropolitan.

"Kami ingin Inggris menjadi mitra utama di Jabar. Namun, saat ini, saya melihat masih kurangnya intensitas promosi yang harus dibangun bersama Duta Besar kita," kata Emil melalui pernyataan yang dikutip, Minggu (29/11/2020).

Rebana Metropolitan ini merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

Penduduk di kawasan Rebana Metropolitan berjumlah 9,28 juta atau sekitar 18,82 persen dari total 49,30 juta jiwa penduduk Jabar per 2019.

Sebagai jantung pertumbuhan kawasan ini, ada Pelabuhan Patimban di Kab. Subang dan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kab. Majalengka yang berfungsi sebagai pusat konektivitas dan logistik.

Rebana Metropolitan diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jabar di masa depan melalui pengembangan kawasan industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi, serta berkelanjutan.

"Saya harap Inggris bisa turut serta dengan membangun kota berbasis aerospace [di Rebana Metropolitan]. Ke depan minimal satu juta warga akan tinggal dekat bandara [Kertajati]," imbuhnya.

Dubes RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan IMO Desra Percaya mengatakan bahwa sebagai perwakilan Pemerintah Indonesia, termasuk Pemprov Jabar, pihaknya siap mempromosikan proyek investasi di Jabar kepada investor Inggris.

"Kalau ada arahan dari Pak Gubernur, kami siap membantu karena kami juga perwakilan Bapak di luar negeri," kata Desra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper