Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Duh, Kota Bandung Terancam Kembali Masuk Zona Merah Covid-19

Kota Bandung terancam kembali ke Zona Merah penyebaran Covid-19. Pasalnya, skor zonasi Kota Bandung mencapai 1,83.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 18 November 2020  |  14:27 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Kota Bandung terancam kembali ke zona merah penyebaran Covid-19. Pasalnya, skor zonasi Kota Bandung mencapai 1,83.

"Kita kan saat ini masih berada di zona oranye kalau ke merah Perwal mutlak direvisi," tegas Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna, Rabu (18/11/2020).

Ia menjekaskan, hal tersebut didapat usai pihaknya menggelar rapat untuk menyikapi penurunan kedisiplinan Warga Kota Bandung dalam menerapkan protokol kesehatan.

Hal yang paling ia soroti adalah terkait kasus klaster keluarga. Pasalnya, saat ini klaster keluarga menyumbang hingga angka di atas 30% untuk kasus positif aktif Covid-19 di Kota Bandung.

"Kasusnya dari kontak erat, misalnya saya sebagai Kepala Keluarga (KK) bekerja diluar rumah. Tentunya saya bisa menyebarkan. Dan itu saya dapat data seperti itu, bahkan banyak bekerja di bodabek dan pulang tanpa tes Covid-19," jelasnya.

Yang pasti ia menegaskan, klaster keluarga meningkat, otomatis semakin mendekatkan Kota Bandung kembali ke zona merah.

"0,3 lagi kita masuk zona merah. Ini jangan terjadi, kemarin kita sempat ada di skor 198 makanya kita terus konsolidasi," tuturnya.

Ia mengaku heran dengan penurunan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dan semakin banyak kerumunan di tengah peningkatan jumlah kasus Covid-19.

"Bukan kita tidak membolehkan untuk dinamis beraktivitas. Bersepada silahkan, olahraga silahkan, bahkan bertemu orang-orang silahkan, namun harap jaga social distancing. Jangan sampai berkerumun dalam jangka waktu yang lama. Atau pertemuan statis yang dilakukan berkelompok," tutur Ema.

Untuk itu pihaknya terus lakukan koordinasi dengan aparat kewilayahan mulai dari Satpol PP, Kecamatan, Kelurahan, RT, RW bahkan warga agar terus saling mengawasi kegiatan. "Jangan sampai kita lengah, dan penyebaran Covid-19 di Kota Bandung terus meningkat," bebernya.

Seperti diketahui skor zona perwilayah memiliki angka yang berbeda, yakni untuk wilayah yang berada di zona orange skor yang diperoleh berdasarkan 15 indikator penentu zonasi ada dikisaran 1,9 sampai dengan 2,4.

Sedangkan zona merah atau disebut zona risiko paling tinggi, skor yang didapat yakni 0 sampai dengan 1.8.

"Dan Kota Bandung sudah ada di tingkat waspada zona merah," tandasnya. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top