Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WIJS 2020: Bank BJB Dukung Pemprov Jabar Bangun KEK Rebana Metropolitan

KEK ini meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.
Kantor Bank BJB/bankbjb.co.id
Kantor Bank BJB/bankbjb.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Bank BJB sebagai bank pembangunan daerah (BPD) Jawa Barat  mendukung langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov Jabar) dalam membangun membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Rebana Metropolitan.

KEK ini meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

"Bank BJB berperan sebagai agen penggerak yang mendukung pembangunan kawasan ekonomi baru yang diinisiasi Pemprov Jawa Barat. Proyek Rebana Metropolitan adalah rencana strategis jangka panjang yang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak termasuk para investor dan perbankan," kata Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi, di sela-sela acara West Java Investment Summit (WIJS) 2020 di Kota Bandung, Senin (16/11/2020).

WIJS yang digelar pada 16-19 November 2020 merupakan ajang yang mempertemukan para investor nasional dan global ini kembali diselenggarakan dengan fokus mempromosikan prospek investasi untuk membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Rebana Metropolitan.

Bank BJB, kata Yuddy, turut mendampingi pemerintah dalam mengoptimalisasi investasi di Jabar yang diwujudkan melalui kesepakatan kerja sama antara bank BJB dengan PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) dan PT Jasa dan Kepariwisataan (Jawista) Jabar untuk mendukung pembangunan infrastruktur pariwisata dan transportasi di kawasan Rebana Metropolitan.

Kesepakatan terjalin antara para pihak tentang dukungan pembangunan dan pengelolaan sejumlah fasilitas termasuk hotel bintang tiga, hotel bintang lima dan sarana meetings, incentives, conferencing, exhibitions (MICE) Bandara Kertajati, untuk mempercepat iintegrasi pembangunan yang menunjang aktivitas ekonomi.

Dia menuturkan, Bank BJB akan terus berdampingan dengan pemerintah dalam merealisasikan tahap demi tahap pembangunan di Jabar khususnya di kawasan Rebana Metropolitan yang menjadi fokus di tahun-tahun mendatang.

Adapun, proyek Rebana Metropolitan dinilai sejalan dengan arah kontribusi Bank BJB dalam penciptaan ruang-ruang sentra ekonomi baru yang dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat.

"Bank BJB juga akan memperluas jaringan kolaborasi perusahaan dengan berbagai pemangku kepentingan agar dapat memberikan kontribusi lebih optimal dalam mengeksekusi rencana program," kata Yuddy.

Dalam WJIS 2020 ini, ratusan investor dihimpun dari sejumlah negara seperti Jepang, Amerika Serikat, Prancis, Singapura, Malaysia, dan Finlandia.

Pemerintah juga menawarkan sebanyak 16 proyek investasi senilai Rp40 triliun kepada para investor. Sedangkan nilai investasi yang telah masuk ke Jabar sepanjang tahun 2020 mencapai Rp380 triliun. Tingginya angka investasi yang mengalir mencerminkan daya tarik Jabar yang tetap menjadi primadona investasi meski menghadapi tantangan pandemi Covid-19.

Kehadiran Rebana Metropolitan diyakini akan semakin meneguhkan kekuatan Jabar sebagai salah satu indikator perekonomian nasional. Lewat Rebana Metropolitan, pada 2030 Pemprov Jabar berupaya meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi hingga 10 persen pertumbuhan nilai investasi hingga 17, dan menciptakan kurang lebih 4,3 juta lapangan pekerjaan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ropesta Sitorus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper