Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Tradisional di Cimahi Diajukan Raih Sertifikat SNI

Pengajuan Pasar Atas Baru (PAB) untuk meraih sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) 8152:2015 dari Lembaga Sertifikasi Produk PPMB (LSPro- PPMB) Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI sudah memenuhi persyaratan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Pengajuan Pasar Atas Baru (PAB) untuk meraih sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) 8152:2015 dari Lembaga Sertifikasi Produk PPMB (LSPro- PPMB) Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI sudah memenuhi persyaratan.

"Dari persyaratan sudah terpenuhi semua, sudah 100%. Dari 44 parameter SNI sudah kita lengkapi," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi Teja Dahliawati dikutip Jumat (30/10/2020).

Saat ini pihaknya masih menunggu untuk audisi dengan dengan tim auditor Kemendag. "Audisinya Jumat [hari ini]. Mudah-mudahan lancar semuanya saat pelaksanaan. Setelah itu dijaga konsistensinya, setiap tahun akan ditinjau ulang," katanya.

Menurut dia, persiapan pengajuan PAB untuk mendapatkan SNI sudah lama. Untuk mendapatkan sertifikat SNI, kata Teja, ada 44 poin yang harus disiapkan Disdagkoperin Kota Cimahi, diantaranya ukuran luas ruang dagang minimal 2 meter persegi, jumlah pos ukur ulang minimal 2 pos, pembagian zonasi pasar, jumlah pedagang yang terdaftar, dan lebar koridor/gangway minimal 1,8 meter.

Disebutkan Teja, penerapan SNI 8152:2015 tidak hanya menguntungkan para pedagang, tapi juga menguntungkan para konsumen. Hal ini karena SNI 8152:2015 menekankan faktor kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kenyamanan.

"Konsumen akan merasakan pasar bersih, sehat, nyaman, dan terukur. Sementara pedagang harapannya dengan fasilitas yang sudah kita intervensi, apalagi ber-SNI memudahkan mereka untuk berjualan lebih nyaman, dan aman dengan omset yang lebih baik," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper