Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pasar Tradisional di Cimahi Diajukan Raih Sertifikat SNI

Pengajuan Pasar Atas Baru (PAB) untuk meraih sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) 8152:2015 dari Lembaga Sertifikasi Produk PPMB (LSPro- PPMB) Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI sudah memenuhi persyaratan.
Ajijah
Ajijah - Bisnis.com 30 Oktober 2020  |  12:36 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Pengajuan Pasar Atas Baru (PAB) untuk meraih sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) 8152:2015 dari Lembaga Sertifikasi Produk PPMB (LSPro- PPMB) Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI sudah memenuhi persyaratan.

"Dari persyaratan sudah terpenuhi semua, sudah 100%. Dari 44 parameter SNI sudah kita lengkapi," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi Teja Dahliawati dikutip Jumat (30/10/2020).

Saat ini pihaknya masih menunggu untuk audisi dengan dengan tim auditor Kemendag. "Audisinya Jumat [hari ini]. Mudah-mudahan lancar semuanya saat pelaksanaan. Setelah itu dijaga konsistensinya, setiap tahun akan ditinjau ulang," katanya.

Menurut dia, persiapan pengajuan PAB untuk mendapatkan SNI sudah lama. Untuk mendapatkan sertifikat SNI, kata Teja, ada 44 poin yang harus disiapkan Disdagkoperin Kota Cimahi, diantaranya ukuran luas ruang dagang minimal 2 meter persegi, jumlah pos ukur ulang minimal 2 pos, pembagian zonasi pasar, jumlah pedagang yang terdaftar, dan lebar koridor/gangway minimal 1,8 meter.

Disebutkan Teja, penerapan SNI 8152:2015 tidak hanya menguntungkan para pedagang, tapi juga menguntungkan para konsumen. Hal ini karena SNI 8152:2015 menekankan faktor kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kenyamanan.

"Konsumen akan merasakan pasar bersih, sehat, nyaman, dan terukur. Sementara pedagang harapannya dengan fasilitas yang sudah kita intervensi, apalagi ber-SNI memudahkan mereka untuk berjualan lebih nyaman, dan aman dengan omset yang lebih baik," terangnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cimahi
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top