Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pembatasan Waktu Operasional di Kota Cirebon Dicabut Mulai Besok

Pemerintah Kota Cirebon mencabut aturan pembatasan waktu operasional aktivitas perkantoran dan perekonomian di kota tersebut. Sebelumnya, aktivitas masyarakat di Kota Cirebon hanya sampai pukul 18.00 WIB.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 26 Oktober 2020  |  15:03 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon mencabut aturan pembatasan waktu operasional aktivitas perkantoran dan perekonomian di kota tersebut. Sebelumnya, aktivitas masyarakat di Kota Cirebon hanya sampai pukul 18.00 WIB.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, mengatakan, pencabutan kebijakan tersebut berlaku besok, Selasa (27/9/2020), namun harus ada kesepakatan atau gentlemen’s agreement antara dengan seluruh pelaku usaha yang ada di Kota Cirebon.

Azis menambahkan, sudah memerintahkan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudyaan dan Pariwisata (DKOKP) dan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM), untuk mengundang pelaku usaha agar mau menandatangi perjanjian itu.

"Jika mereka tidak mau datang, pencabutan pembatasan aktivitas masyarakat bisa saja dibatalkan," kata Azis di Kota Cirebon, Senin (26/10/2020).

Para pelaku usaha di Kota Cirebon, diharapkan menjadi agen terkait pelaksanaan protokol kesehatan di tempat usaha mereka.

Azis mengatakan, Kota Cirebon harus mencontoh Kota Bogor, Jawa Barat, dimana para pelaku usaha menjadi agen untuk penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Jika melanggar, pencabutan izin usaha tidak segan saya lakukan. Kami berkomitmen tidak bakal merugikan para pengusaha, selama mematuhi aturan," katanya.

Mulai besok, Wali Kota Cirebon bakal berkeliling dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk meninjau pelaksanaan protokol kesehatan disejumlah kegiatan usaha di Kota Cirebon.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Cirebon melalui surat No 443/1470-ADM.PEM-UM yang melakukan pembatasan aktivitas masyarakat mulai 9 Oktober 2020. Berdasarkan rencana, pembatasan aktivitas masyarakat akan dilakukan hingga 31 Oktober 2020.

Azis mengatakan, kebijakan tersebut dicabut karena berkaitan dengan upaya pemulihan ekonomi yang nantinya bisa berdampak terhadap biaya penanganan Covid-19 di Kota Cirebon.

"Berharap protokol kesehatan secara disiplin dilakukan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan berupaya sebisa mungkin untuk menjaga jarak," kata Azis. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top