Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelajah Segitiga Rebana III : Akselerasi Investasi Harus Diimbangi Peningkatan Produktivitas

Akselerasi pertumbuhan investasi di Jawa Barat perlu diimbangi dengan produktivitas produksi agar efektif menumbuhkan perekonomian di Jawa Barat.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 21 Oktober 2020  |  11:03 WIB
Kepala Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar (kedua kiri) menerima jaket tim Jelajah Segitiga Rebana III dari Presdir JAG Lulu Terianto (kedua kanan) - Bisnis/Wisnu Wage
Kepala Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar (kedua kiri) menerima jaket tim Jelajah Segitiga Rebana III dari Presdir JAG Lulu Terianto (kedua kanan) - Bisnis/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG -- Akselerasi pertumbuhan investasi di Jawa Barat perlu diimbangi dengan produktivitas produksi agar efektif menumbuhkan perekonomian di Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar, saat menerima Tim Jelajah Segitiga Rebana III, di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (21/10/2020).

Benny menyebut, potensi yang paling besar bisa dilakukan oleh Jawa Barat selain sektor manufaktur, juga sektor agrobisnis.

"Banyak komoditas di Jawa Barat yang bisa didorong, seperti Ubi Jepang, Gedong Gincu, dan masih banyak potensi lainnya," kata Benny.

Benny menilai, intervensi memang perlu dilakukan oleh Pemerintah agar bisa menumbuhkan produktivitas komoditas asli Jawa Barat.

"Di sini kita perlu intervensi, agar bisa seimbang dengan akselerasi pertumbuhan investasi," kata dia.

Menurutnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah meminta dinas-dinas terkait untuk mencari semacam opinion leader di daerah yang mampu menjadi trigger bagi iklim usaha.

"Kita sudah diminta ada pemuda yang mampu mengembangkan daerahnya," katanya.

Untuk itu, pihaknya dengan beragam program seperti One Pesantren One Product (OPOP), One Village One Company optimis mampu mendorong produktivitas di Jawa Barat.

"Kita sudah tidak ada masalah, tinggal kita membuat iklim usahanya di daerah," katanya.

Apa lagi kata Benny, potensi pemasaran untuk di Jawa Barat sendiri cukup besar.

"Kita juga harus membantu masalah pengemasan dan pemasaran," kata dia.

Program Jelajah Segitiga Rebana III digelar lewat dukungan para sponsor mulai dari PLN UID, Surya Semesta Internusa (SSIA), Humas Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar, Bappeda Jabar, PT MUJ ONWJ, Cardinal, Chitose, Astra Infra Tol Road Cikopo-Palimanan, PT BIJB, ASDP, Dinas Pariwisata dan Kebudayan Jabar, Bank BJB, PT Pegadaian, XL Axiata, Robot Biru, PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Segitiga Rebana
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top