Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Warga Jakarta Diimbau tak Piknik ke Jabar Selama PSBB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid II di DKI Jakarta diikuti dengan kedisiplinan warga.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 14 September 2020  |  16:33 WIB
Operasi pembatasan pengunjung Kawasan Puncak di pintu Tol Gadog Kabupaten Bogor, Jawa Barat - Antara
Operasi pembatasan pengunjung Kawasan Puncak di pintu Tol Gadog Kabupaten Bogor, Jawa Barat - Antara

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid II di DKI Jakarta diikuti dengan kedisiplinan warga.

Ridwan Kamil mengatakan pihaknya mengimbau selama PSBB ketat ini diberlakukan, warga DKI menahan diri untuk tidak pelesiran ke wilayah Jawa Barat.

“Kami imbau warga Jakarta selama PSBB ketat ini jangan dulu bepergian, berwisata ke Jawa Barat,” katanya di Bandung, Senin (14/9/2020).

Menurutnya pergerakan warga DKI ke Jawa Barat terbilang tinggi sejak pandemi ini berlangsung. Dia menunjuk kawasan Puncak, Bogor yang didominasi pelancong asal Ibu Kota hingga 70%. “[Pelancong] itu warga Jakarta. Kalau itu tidak mengetatkan hanya memindahkan interaksi pergerakan. Kami sudah koordinasikan,” ujarnya.

Dia memastikan penerapan PSBB di DKI otomatis membuat pembatasan per wilayah di Bodebek harus dilakukan. Namun pihaknya belum bisa menjelaskan mengingat persoalan ini tengah dibahas di antara Dinas Perhubungan Provinsi dan Bodebek.

Ridwan Kamil memastikan rapat pihaknya dengan Kepala Daerah di Bodebek juga menyimpulkan dukungan sepenuhnya pada kebijakan PSBB ketat di DKI Jakarta. Bodebek khususnya wilayah yang bertetangga akan menerapkan pola yang sama dengan skema PSBM.

“PSBM karena Bodebek ini ada wilayah yang ekonominya berhubungan dengan Jakarta, ada juga yang ekonominya sifatnya mandiri, tentu perlakuan PSBB-nya dilakukan berbeda. Sehingga kami menyimpulkan PSBM adalah metode yang paling pas untuk situasi perbedaan seperti ini,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top