Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ridwan Kamil Usul Tes Covid Libatkan Swasta, Ini Respons Pusat

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyambut baik usulan Jawa Barat agar pengetesan bisa melibatkan pihak swasta.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 06 Agustus 2020  |  18:30 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil - Bisnis/Wisnu Wage
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil - Bisnis/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG — Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyambut baik usulan Jawa Barat agar pengetesan bisa melibatkan pihak swasta.

Menurut Doni, usulan yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tersebut perlu ditindaklanjuti melalui sebuah kerja sama resmi antara pemerintah daerah provinsi dan swasta, termasuk dalam hal pemanfaatan laboratorium.

“Tentang keterlibatan swasta, saya pikir ini sebuah terobosan. Kami (pusat) sudah memulai bekerja sama dengan swasta. Nanti dari pemerintah provinsi (bisa) melakukan koordinasi dengan sejumlah swasta yang berminat dalam penanganan pemeriksaan atau pengembangan laboratorium,” ujar Doni, Kamis (6/8/2020).

Doni pun menjelaskan, saat ini terdapat 278 mesin PCR di Indonesia. Namun, hal itu belum diikuti dengan jumlah SDM laboratorium yang memadai sehingga waktu kerja untuk melakukan pengujian dinilai belum optimal.

Selain itu, Doni juga mengingatkan terkait pentingnya melakukan pengetesan rutin dalam sebuah instansi atau lembaga yang memiliki banyak anggota atau karyawan dalam satu tempat seperti asrama.

"Harus ada strategi untuk pemeriksaan secara rutin dengan teknik pool test," ujar Doni.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top