Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

‎Pulang dari Madura, Warga Majalengka Terkonfirmasi Positif Covid-19

Seorang warga Blok Jotang, Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, yang baru saja pulang dari Madura, dinyatakan positif tertular Covid-19. Diketahui, warga tersebut merupakan perempuan berusia 52 tahun.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  12:09 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, CIREBON - Seorang warga Blok Jotang, Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, yang baru saja pulang dari Madura, dinyatakan positif tertular Covid-19. Diketahui, warga tersebut merupakan perempuan berusia 52 tahun.

Sebelum sampai di rumahnya, perempuan tersebut mengalami beberapa keluhan kesehatan, yakni demam, sakit perut, mual, batuk, dan flu.‎ Saat ini, diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majalengka.

Berdasarkan informasi, warga di Blok Jotang saat ini melakukan karantina lokal untuk upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan Bupati Majalengka, Karna Sobahi, meninjau langsung ke lokasi tersebut.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Majalengka, Alimudin, mengatakan, pasien tersebut diduga tertular dari luar Kabupaten Majalengka. Bahkan menurutnya, seluruh kasus‎ terkonfirmasi berasal dari kluster luar.

"Warga yang tinggal di Majalengka umumnya kondisi sehat, tetapi warga yang merantau atau berada di luar zona merah, tiba-tiba pulang bawa virus," kata Alimudin di Kabupaten Majalengka, Selasa (21/7/2020).

Alimudin mengatakan, seharusnya bagi warga di luar kota yang baru saja pulang dari luar kota, terutama zona merah, diminta langsung melaporkan diri ke pihak desa atau pun tim gugus tugas percepatan penanganan tingkat kecamatan.

Saat ini, tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 akan langsung melakukan tes swab kepada keluarga pasien atau pun sempat kontak langsung, dilakukan untuk mencegah peningkatan jumlah kasus.

"Tes swab massal dilakukan hari ini, akan keluar dalam waktu dekat‎ dan sampelnya pun diuji langsung di Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ)," kata Alimudin.

Berdasarkan informasi dari Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Majalengka, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 hingga Selasa (21/7/2020), sebanyak 10 kasus.

Dari 10 kasus tersebut, tiga orang dalam perawatan, enam orang dinyatakan sembuh, dan satu meninggal dunia.

Kemudian, pasien dalam pengawasan (PDP) atau pasien suspek, hingga saat ini berjumlah 86 orang, lima masih dalam proses pengawasan, 71 selesai pengawasan, dan 10 meninggal dunia.‎ (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

majalengka Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top