Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ke Cirebon, Wajib Cicip Nasi Jamblang Ibu Nur

Salah satu makanan yang paling diburu oleh para wisatawan saat berkunjung ke Cirebon yaitu nasi jamblang. Kuliner tersebut merupakan sajian nasi yang dikemas menggunakan daun jati dan dicampur dengan berbagai macam lauk andalan.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 26 Juni 2020  |  13:12 WIB
Nasi Jamblang khas Cirebon. - Bisnis
Nasi Jamblang khas Cirebon. - Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Salah satu makanan yang paling diburu oleh para wisatawan saat berkunjung ke Cirebon yaitu nasi jamblang. Kuliner tersebut merupakan sajian nasi yang dikemas menggunakan daun jati dan dicampur dengan berbagai macam lauk andalan.

Berbagai menu di antaranya, mulai dari telur dadar, sayur tahu, sate kerang, tempe goreng, ikan asin, hingga perkedel kentang.

Kemunculan nasi jamblang, diketahui muncul saat pembangunan pabrik gula dan spirtus di Kabupaten Cirebon pada masa pemerintahan kolonial Belanda sekitar tahun 1833. Pekerja pada pabrik tersebut merupakan pribumi.

Pada saat itu, seorang pribumi bernama Abdullah Latief, meminta kepada istrinya, Mba Pulung, untuk menyediakan nasi dengan lauk pauk yang dibungkus menggunakan daun jati sebagai cara sedekah dan diberikan kepada pekerja pabrik tersebut.

Setelah diberikan kepada para pekerja, mulai saat itu Mbah Pulung menerima banyak pesanan dari para pekerja yang menganggap bahwa makanan tersebut memiliki cita rasa tinggi, karena dibungkus menggunakan daun jati.

Mulai saat itu para pekerja siap membayar untuk dapatkan makanan tersebut.

Saat ini, makanan nasi jamblang tidak lagi dijual dengan cara keliling, melainkan sudah banyak dijual di kedai-kedai makanan. Beberapa yang terkenal yakni Warung Nasi Jamblang Tulen dan Warung Nasi Jamblang Ibu Nur.

Untuk sajian tersebut, pembeli tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena setiap satu menu, dijual dengan harga Rp1.000 sampai Rp40.000, kemudian satu bungkus nasi hanya Rp 2.000.

Seorang pembeli, M Soleh (40), mengatakan, nasi jamblang adalah kuliner yang harus disantap saat berkunjung ke Cirebon. Menurutnya, makanan tersebut memiliki lauk bervariasi dan selalu berkesan meskipun telah mencoba beberapa kali.

Salah satu warung nasi jamblang yang selalu ia sambangi yakni Warung Nasi Jamblang Ibu Nur di Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

"Ciri khasnya itu dibungkus pakai daun jati, enak dan terjangkau," kata Soleh. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Segitiga Rebana
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top