Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Indonesia Jawa Barat Luncurkan Media Pemasaran Produk UMKM Binaan

Adanya perubahan perilaku masyarakat dari offline ke online saat bertransaksi menjadi salah satu latar belakang diluncurkannya situs jualsayuran.com.
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Barat Herawanto/Bisnis-Rachman
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Barat Herawanto/Bisnis-Rachman

Bisnis.com, BANDUNG – Adanya perubahan perilaku masyarakat dari offline ke online saat bertransaksi menjadi salah satu latar belakang diluncurkannya situs jualsayuran.com.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Herawanto mengatakan peluncuran jualsayuran.com merupakan salah satu rangkaian Bank Indonesia untuk menggembangkan klaster UMKM di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bandung Barat.

Kali ini, yang terlibat adalah kluster UMKM Lembang Agri yang bergerak dibidang pertanian. Mereka adalah Juara 1 Klaster Championship Bank Indonesia Tahun 2018 dan Juara 1 Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Terbaik Tingkat Nasional pada tahun 2019. Kelompok petani muda yang tergabung dalam klaster tersebut menanam berbagai jenis sayuran untuk disalurkan kepada konsumen.

“Fungsi Bank Indonesia adalah sebagai advisor atau penasihat. Kami membantu pemerintah daerah dengan memberikan contoh melalui program seperti ini. Diharapkan, bentuk inovasi seperti ini juga bisa menjadi contoh untuk UMKM lain,” ujar Herawanto, Jumat (5/6/2020).

Herawanto menjelaskan, adanya pandemi Covid-19 menyebabkan interaksi antara manusia terbatas. Hal ini menjadi hambatan karena proses jual beli, terutama di pasar modern atau tradisional, tidak lagi semudah dulu. Di sisi lain, hal ini juga menjadi peluang dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini.

“Situs ini bisa menyambungkan antara produsen dan konsumen. Di saat seperti ini, produsen melimpah dan konsumen membutuhkannya. Akan tetapi, yang menjadi kendala adalah bagaimana keduanya dipertemukan. Hal ini yang terus kita dorong sebagai solusi di era ekonomi digital ini,” katanya.

Selain itu, lanjut Herawanto, kelompok petani juga terbantu dengan penambahan ruang berjualan mereka. Jawa Barat harus mengambil andil dalam penyediaan komoditas karena potensi pertaniannya yang subur.

“Saat ini, ada 19 klaster UMKM aktif di Jawa Barat yang menjadi binaan Bank Indonesia. Selebihnya, mereka sudah bisa bekerja secara mandiri,” ujarnya.

Cara berbelanja sayuran di situs ini cukup mudah. Pembeli bisa mengunduh aplikasinya atau membuka situsnya di internet. Setelah itu, pilih kategori barang yang mau dibeli, bayar secara digital lalu barang siap dikirim ke rumah di area Bandung dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Novianti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper