Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Kendaraan dari Tol Jakarta ke Bandung Turun 75 Persen

Larangan mudik oleh pemerintah dan dihapusnya cuti bersama karyawan BUMN dan PNS membuat arus kendaraan di tol dari arah Jakarta ke Timur dan Selatan serta Barat berkurang drastis.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com,BANDUNG—Larangan mudik oleh pemerintah dan dihapusnya cuti bersama karyawan BUMN dan PNS membuat arus kendaraan di tol dari arah Jakarta ke Timur dan Selatan serta Barat berkurang drastis.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Dwimawan Heru mengatakan pihaknya mencatat Pada periode H-7 s.d H-3 Lebaran 2020, yang jatuh pada 17-21 Mei 2020, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat total 367.703 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui arah Timur, arah Barat dan arah Selatan.

“Angka ini turun 61% dari lalu lintas (lalin) di periode Lebaran tahun 2019,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (22/5/2020).

Untuk distribusi lalu lintas di ketiga arah adalah sebesar 39 persen dari arah Timur, 35 persen dari arah Barat dan 26 persen dari arah Selatan.

Pihaknya merinci Lalin meninggalkan Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi dengan rincian distribusi lalin sebagai berikut:

- GT Cikampek Utama 1, dengan jumlah 78.013 kendaraan, turun sebesar 81 persen dari Lebaran tahun 2019.
- GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 64.898 kendaraan, turun sebesar 58 persen dari Lebaran tahun 2019.

Total kendaraan yang melintas menuju arah Timur adalah sebanyak 142.911 kendaraan, turun sebesar 75 persen dari Lebaran tahun 2019.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi adalah sebesar 96.741 kendaraan, turun sebesar 30 persen dari Lebaran tahun 2019.

Untuk lalu lintas harian sejak H-7 s.d H-3 Lebaran 2020, Jasa Marga mencatat lalu lintas tertinggi untuk kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari ketiga arah tersebut terjadi pada H-4 Lebaran tahun 2020, yaitu sebesar 87.377 kendaraan.

“Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah penularan Covid-19, dengan tidak mudik dan tidak piknik di Lebaran Tahun 2020. Selain itu batasi perjalanan dan jaga jarak, keluar rumah hanya untuk keadaan yang mendesak serta wajib mengenakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper