Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BSL 2 Ditargetkan Mampu Periksa 200 Sampel Covid-19 per Hari

Biosafety Level 2 (BSL 2) milik Pemerintah Kota Bandung diproyeksikan mampu memeriksa 200 sampel untuk uji virus corona jenis Covid-19 per hari.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 14 Mei 2020  |  11:54 WIB
Biosafety Level 2 (BSL 2) milik Pemerintah Kota Bandung diproyeksikan mampu memeriksa 200 sampel untuk uji virus corona./Bisnis - Dea Andriyawan
Biosafety Level 2 (BSL 2) milik Pemerintah Kota Bandung diproyeksikan mampu memeriksa 200 sampel untuk uji virus corona./Bisnis - Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG – Biosafety Level 2 (BSL 2) milik Pemerintah Kota Bandung diproyeksikan mampu memeriksa 200 sampel untuk uji virus corona jenis Covid-19 per hari.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita, mengatakan dalam pengoperasiannya, BSL 2 akan dilakukan oleh tenaga medis dan ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

‎"Alhamdulillah, hari ini juga BSL 2 Kota Bandung beroperasi dengan memilki kesiapan 5.000 tes untuk pemeriksaan sampal dan sehari bisa memeriksa 200 sampel,"‎ kata Rita di Kantor Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (13/5/2020).

Rita mengklaim tes Covid-19 yang dilakukan di BSL 2‎ bisa lebih cepat sehingga BSL 2 diproyeksikan juga mampu membantu operasional Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jawa Barat.

"Cara kerjanya, hari ini masuk 200 sampel diperiksa, besoknya hasilnya bisa disampaikan," kata Rita.

Menurutnya, BSL 2 untuk saat ini akan diprioritaskan bagi warga Kota Bandung yang telah melakukan swab test. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat hasil tes tersebut diketahui.  ‎"Ini memang diutamakan untuk warga Kota Bandung yang sudah diambil swab-nya, itu yang kami dahulukan."

Selama ini, hasil dari swab test yang diperiksa di Labkesda Jabar memerlukan waktu hingga 7 hari sehingga untuk mengetahui sampel positif atau negatif Covid-19 relatif lebih lama. "Mudah-mudahan mempercepat swab test, supaya tidak telat keluar hasil," kata Rita.‎

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kota bandung Virus Corona
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top