Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BJBR Sebar Dividen Rp925,04 Miliar

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten, Tbk. atau Bank BJB menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2019 bertempat di Menara Bank BJB, Kota Bandung, Jawa Barat pada Kamis(16/4/2020).
Menara Bank BJB
Menara Bank BJB

Bisnis.com,BANDUNG – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten, Tbk. atau Bank BJB menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2019 bertempat di Menara Bank BJB, Kota Bandung, Jawa Barat pada Kamis(16/4/2020).

Berbeda dengan RUPST pada tahun-tahun lalu, kali ini Bank BJB memodifikasi format penyelenggaraan rapat sesuai denganprotokol kesehatan Covid-19.

RUPST dihadiri oleh para pemegang saham BJBR ini memberikan persetujuan Laporan Tahunan Direksi mengenai keadaan dan jalannya perseroan termasuk Laporan Keuangan dan Laporan Pelaksanaan TugasPengawasan Dewan Komisaris untuk Tahun Buku 2019.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Wisi Hartoto mengatakan dengan permufakatan tersebut, hasil RUPST mengamanatkan pelepasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et de charge) kepada Direksidan Dewan Komisaris atas pengurusan dan pengawasan Bank BJB yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2019.

“Seluruh shareholder Seri A yang terdiri dari 34 Kepala Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Jawa Barat dan Banten serta pemegang saham publik mengikuti dengan khidmat RUPST kali ini,” katanya dalam rilis korporasi.

Persetujuan atas Laporan Tahunan perseroan juga disertai dengan kesepakatan penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk pembagian dividen Tahun Buku 2019.

Dalam kesempatan tersebut, disepakati perseroan membagikan dividen senilai Rp925,04 miliar atau sebesar Rp94,02 per-lembar saham dengan rasio 60% dari laba bersih yang berhasil dibukukan oleh Bank BJB di tahun 2019 Rp1,56 triliun.

Tak hanya dividen dan laporan tahunan, RUPST juga menyepakati penunjukan kantor akuntan publik untuk mengaudit laporankeuangan perseroan tahun buku 2020, laporan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum, persetujuan atas pengkinian rencana aksi (recovery plan), persetujuan atas perubahan peraturan danapensiun, penetapan remunerasi pengurus.

Sedangkan untuk agenda perubahan pengurus perseroan, rapat sepakat menunda pengisian jabatan Direktur Komersial & UMKM.

Sepanjang 2019, BJB berhasil mempertahankan kinerja positif dengan raihan laba bersih sebesar Rp1,56 triliun yang dibubuhkanperseroan. Pertumbuhan laba tersebut diikuti penambahan nilai aset yang juga terkatrol dengan total nilai aset yang dimiliki BJB termasuk anak perusahaan tercatat sebesar Rp123,5 triliun atautumbuh sebesar 2,8% year on year (y-o-y).

Sektor kredit yang menjadi ujung tombak utama perseroan dalam mendongkrak pendapatan juga tumbuh 8,7% y-o-y menjadi Rp81,9 triliun. Pertumbuhan total kredit ini berada di atas rata-rata pertumbuhan industri perbankan nasional yang berada di kisaran 6,97% (per November 2019).

Jumlah dana pihak ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun perseroan bertumbuh sebesar 2,7% y-o-y menjadi sebesar Rp89,3 triliun. Pertumbuhan DPK ini didorong bertambahnya porsi dana murah atau Current Account Saving Account (CASA) di level 49,6%.

Rangkaian raihan positif ini menjadi catatan tersendiri bagi Bank BJB di mana keberhasilan ini tak bisa dilepaskan dari strategi ekspansi dan komitmen perseroan untuk senantiasa berpegang teguh pada prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Hasilnya, kurvapertumbuhan berkualitas dan berkelanjutan selalu berhasil terjaga dan kian terakselerasi.

Capaian-capaian kinerja yang telah diukir membuktikan kualitas dan kapasitas insan perseroan dalammengelola dan menjaga marwah BJB sebagai Bank Daerah terbesar yang berada dalam kelompok 15 besar bank elite nasional.

Bank BJB juga senantiasa memelihara jati dirinya sebagai bank pembangunan dengan secara konsisten berkiprah dalam memajukan kesejahteraan ekonomi di seluruh penjuru negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper