Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabar Bahas Skema Gelar Rapid Test di 3 Stadion Pakai Sistem Drive Thru

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memfokuskan rapid test corona lewat bantuan alat yang diberikan Pemerintah Pusat di Kawasan Bogor, Depok, Bekasi terlebih dahulu.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memfokuskan rapid test corona lewat bantuan alat yang diberikan Pemerintah Pusat di Kawasan Bogor, Depok, Bekasi terlebih dahulu.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan alat tes tersebut diperkirakan akan selesai didistribusikan ke Pemprov Jawa Barat pada Selasa-Rabu mendatang. Menurutnya berbeda dengan DKI yang akan melakukan tes dari pintu ke pintu, pihaknya mengaku wilayah Jabar yang luas tidak memungkinan menerapkan hal tersebut.

“Gagasan dari kami, tes cepat itu harus cepat juga hasilnya secara massal. Kedua, idealnya terpusat supaya proses kesimpulan tidak menunggu terlalu lama,” katanya dalam rakor yang digelar di Bekasi dan Bogor seperti dimuat dalam podcast Humas Jabar, Minggu (22/3/2020).

Menurutnya pihaknya menggagas pemeriksaan dengan sistem drive-thru dimana orang yang akan dites menggunakan mobil atau motor. Mekanismenya, warga datang menggunakan kendaraan lalu menuju pos pertama untuk menjalani tes pertama yang berupa tes darah. Kemudian warga bisa menuju titik berikutnya untuk mengetahui hasil tes, sekira 15 menit.

Jika hasil tes pertama positif, warga akan menjalani tes lanjutan, yakni menggunakan alat PCR dengan tingkat keakuratan lebih baik. Bilamana kedua tes memperlihatkan hasil positif, maka warga tersebut memasuki sebuah lokasi. “Dari semua logika ini tidak ada lokasi yang pas kecuali stadion,” tuturnya.

Ridwan Kamil menjelaskan stadion nanti akan berisi para warga yang hasil pemeriksaannya positif untuk dites lebih lanjut. Alat PCR sendiri menurutnya dibeli sendiri Rp14 miliar oleh Pemprov Jabar untuk menjadikan hasil rapid tes dari pemerintah dikonfirmasi lagi oleh PCR. “Kita butuh 30 petugas untuk mengelola manajemen ini,” katanya.

Untuk tes ini di satu wilayah hanya akan diberikan pada 2.000 warga yang kriterianya sudah ditetapkan sangat ketat. “Keunggulan tes drive thru ini tidak banyak persentuhan fisik, berbeda dengan yang ada di ruangan. Tinggal ketertiban oleh TNI/Polri,” ujarnya.

Tiga zona pemeriksaan setidaknya akan dipusatkan tiga stadion yakni Stadion Patriot Candrabhaga untuk mengecek warga Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Karawang; kemudian Stadion Pakansari menjadi lokasi pengecekan warga Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Depok. “Sisanya akan dites di Jalak Harupat, Kabupaten Bandung,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper