Cegah Corona, Pemkab Purwakarta Imbau Kepala Desa Lakukan Disinfektan

Guna mengantisipasi serta pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta melaksanakan penyemprotan Desinfektan ke fasilitas umum, tempat peribadatan dan kantor pemerintahan.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  14:57 WIB
Cegah Corona, Pemkab Purwakarta Imbau Kepala Desa Lakukan Disinfektan
Ilustrasi. Petugas tengah menyemprotkan disinfektan di sekitar mimbar khatib Masjid Istiqlal Jakarta pada Jumat pagi (13/3/2020). - Bisnis/Muhammad Khadafi

Bisnis.com, PURWAKARTA - Guna mengantisipasi serta pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta melaksanakan penyemprotan Desinfektan ke fasilitas umum, tempat peribadatan dan kantor pemerintahan.

Menurut Kepala DPMD Purwakarta, Jaya Pranolo, pelaksanaaan penyemprotan ini adalah bagian dari upaya Pemkab Purwakarta untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan dalan mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Hari ini, kita turun ke lapangan bersama aparat Kecamatan dan Desa Pasawahan, Puskesmas, Babinsa dan Babinkamtibmas melaksanakan penyemprotan desinfektan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 sekaligus menghimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya," ujar Jaya, Kamis (19/3/2020).

Selain itu, Jaya juga mengimbau kepada seluruh aparat desa di Kabupaten Purwakarta untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan di kantor dan tempat-tempat umum di wilayahnya masing-masing.

"Menindaklanjuti SE Bupati Purwakarta nomor 440/961/BKPSDM tanggal 16 maret 2020 tentang pelaksanaan Penyemprotan di Lingkungan Kantor dan sekolah, Kami mengimbau Aparat Desa untuk melaksanakan penyemprotan desinfektan secara berkala di Kantor, tempat ibadah, tempat fasilitas umum dan lain-lain dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19," kata Jaya.

Sementara, perihal bahan cairan disinfektan yang digunakan, kata Jaya sangat mudah didapatkan. Bahkan bahan - bahan yang digunakan yang biasa terdapat dipasaran.

"Aparat desa atau masyarakat dapat secara mandiri membuat cairan disinfektan, hanya dengan mencampur air, karbol, bayclin dan cairan pengepel lantai dengan takaran tertentu, atau berkonsultasi dengan pihak Puskesmas," jelasnya.

Senada dengan Kepala DPMD, Camat Pasawahan, Totong yang turut juga dalam kegiatan tersebut menegaskan telah menginstruksikan seluruh aparat desa di wilayahnya untuk menindaklanjuti surat edaran bupati tersebut.

"Saya telah menginstruksikan seluruh aparat desa di Kecamatan Pasawahan untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan dan melaksanakan K3 di wilayahnya masing-masing," demikian Totong.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
purwakarta

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top