Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pulihkan Lahan Kritis, 1 Juta Pohon akan Ditanam di Sepanjang Citarum

Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Satgas Citarum Harum akan menanam 1 juta pohon pada tahun ini, guna memulihkan lahan kritis di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Citarum.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 10 Maret 2020  |  10:53 WIB
Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Satgas Citarum Harum akan menanam 1 juta pohon pada tahun ini, guna memulihkan lahan kritis di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Citarum. - Istimewa
Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Satgas Citarum Harum akan menanam 1 juta pohon pada tahun ini, guna memulihkan lahan kritis di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Citarum. - Istimewa

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Satgas Citarum Harum akan menanam 1 juta pohon pada tahun ini, guna memulihkan lahan kritis di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Citarum.

Berbagai jenis pohon tersebut akan ditanam baik di dalammaupun di luar kawasan DAS Citarum.

Pangdam III SiliwangiMayjen TNI Tri Soewandono mengatakan, saat ini luas lahan kritis yang terdapat di dalam area DAS Citarum mencapai15.000 hektare. Sementara, luas lahan kritis di luar area DAS Citarum mencapai 64.000 hektare.

"Untuk mengatasinya, sepanjang 2019 kami telah menanamhingga 1,5 juta pohon untuk mengkonservasi lahan kritis," ungkapnya, Selasa (10/3/2020).

Pada tahun ini pihaknya menargetkan sebanyak 1 juta pohon akan kembali ditanam. Lokasi diprioritaskan berada di dalam area DAS Citarum. “Sekarang yang siap tanam ada sekitar 1 juta pohon. Diutamakan (lahan kritis) yang ada di dalam kawasan dulu," ungkapnya.

Sepanjang musim hujan tahun ini, dia mengatakan, aksipenanaman pohon telah dimulai. Jenis yang ditanam beragam, mulai dari pohon keras hingga kopi.

"Sekarang sudah beberapa ratus ribu yang ditanam. Pohon kopi saja sudah ada 300.000-an, yang lainnya masih banyak lagi," jelasnya.

Selain mengkonservasi lahan, Tri mengatakan pihaknya tahunini juga akan menggalakan penindakan tegas para perusahaanyang kedapatan melanggar aturan pembuangan limbah.

Dia mengatakan pihaknya tidak akan segan-segan membawaperusahaan yang melanggar ke persidangan.

"Kalau pabrik yang buang limbah yang belum diolah akan kami peringatkan sebanyak tiga kali. Kami juga akan lebih tegas, perusahaan yang melanggar bisa dimejahijaukan," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga berperan Ketua Umum Satgas Citarum Harum, program penanaman pohon tersebut tidak akanhanya dilakuan oleh para komandan sektor atau pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Masyarakat juga akandikerahkan untuk berpartisipasi melalui sejumlah program khusus. Penanaman pohon ini akan melibatkan masyarakat yang sedang berbahagia," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sungai citarum
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top