Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ITB Peringati Dies Natalis ke-61

Selama 61 tahun berkiprah, ITB telah meraih berbagai prestasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan teknologi, seni, sosial dan humaniora.
Novianti
Novianti - Bisnis.com 02 Maret 2020  |  14:48 WIB
Rektor Institut Teknologi Bandung, Reini Wirahadikusumah (tengah) - Bisnis/Novianti
Rektor Institut Teknologi Bandung, Reini Wirahadikusumah (tengah) - Bisnis/Novianti

Bisnis.com, BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) memperingati Dies Natalis yang ke-61, Senin (2/3/2020).

Rektor Institut Teknologi Bandung, Reini Wirahadikusumah mengatakan selama 61 tahun berkiprah, ITB telah meraih berbagai prestasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan teknologi, seni, sosial dan humaniora.

“Alumni ITB juga menunjukkan pengabdian terhadap negara melalui kiprah mereka di berbagai lembaga dan organisasi,” ujar Reini.

Reini memaparkan, selama periode Oktober 2019 – Februari 2020, beberapa prestasi yang telah diraih ITB diantaranya adalah predikat Badan Publik Informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2019 kategori Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP).

ITB juga meraih peringkat terbaik tiga kategori media sosial Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN-BH) pada Anugerah Humas tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menggulirkan kebijakan Kampus Merdeka. Kebijakan tersebut merupakan langkah untuk memperluas kebebasan kampus dan memperkuat peranan perguruan tinggi untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang unggul.

Kebijakan ini juga memperluas kebebasan kampus dalam empat aspek, yaitu pengembangan program studi, akreditasi program studi, transformasi menjadi PTN-BH dan pembelajaran di luar program studi.

“Mengenai kebijakan ini, ITB telah melaksanakan kegiatan yang relevan. Dalam lima tahun terakhir, ITB telah memperkenalkan emerging fields seperti Big Data, Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) yang disisipkan ke dalam kurikulum maupun sebagai bagian penelitian dosen dan mahasiswa,” katanya.

Terkait akreditasi, lanjut Reini, sebanyak 92% dari keseluruhan jumlah program studi di ITB sudah meraih akreditasi A dari BAN-PT. Selain itu, hampir sepertiga dari keseluruhan jumlah program studi telah meraih akreditasi internasional selama 61 tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

itb
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top