Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ITB Peringati Dies Natalis ke-61

Selama 61 tahun berkiprah, ITB telah meraih berbagai prestasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan teknologi, seni, sosial dan humaniora.
Rektor Institut Teknologi Bandung, Reini Wirahadikusumah (tengah)/Bisnis-Novianti
Rektor Institut Teknologi Bandung, Reini Wirahadikusumah (tengah)/Bisnis-Novianti

Bisnis.com, BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) memperingati Dies Natalis yang ke-61, Senin (2/3/2020).

Rektor Institut Teknologi Bandung, Reini Wirahadikusumah mengatakan selama 61 tahun berkiprah, ITB telah meraih berbagai prestasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan teknologi, seni, sosial dan humaniora.

“Alumni ITB juga menunjukkan pengabdian terhadap negara melalui kiprah mereka di berbagai lembaga dan organisasi,” ujar Reini.

Reini memaparkan, selama periode Oktober 2019 – Februari 2020, beberapa prestasi yang telah diraih ITB diantaranya adalah predikat Badan Publik Informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2019 kategori Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP).

ITB juga meraih peringkat terbaik tiga kategori media sosial Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN-BH) pada Anugerah Humas tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menggulirkan kebijakan Kampus Merdeka. Kebijakan tersebut merupakan langkah untuk memperluas kebebasan kampus dan memperkuat peranan perguruan tinggi untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang unggul.

Kebijakan ini juga memperluas kebebasan kampus dalam empat aspek, yaitu pengembangan program studi, akreditasi program studi, transformasi menjadi PTN-BH dan pembelajaran di luar program studi.

“Mengenai kebijakan ini, ITB telah melaksanakan kegiatan yang relevan. Dalam lima tahun terakhir, ITB telah memperkenalkan emerging fields seperti Big Data, Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) yang disisipkan ke dalam kurikulum maupun sebagai bagian penelitian dosen dan mahasiswa,” katanya.

Terkait akreditasi, lanjut Reini, sebanyak 92% dari keseluruhan jumlah program studi di ITB sudah meraih akreditasi A dari BAN-PT. Selain itu, hampir sepertiga dari keseluruhan jumlah program studi telah meraih akreditasi internasional selama 61 tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Novianti
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper