Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Buktikan Kelancaran Jaringan Data di Cimahi, XL Axiata Gelar DigiRace 2020

PT XL Axiata membuktikan kelancaran jaringan datanya di Cimahi melalui kompetisi DigiRace 2020.
Novianti
Novianti - Bisnis.com 29 Februari 2020  |  21:05 WIB
Territory Sales Manager Kabupaten Bandung Barat Akhifin berfoto bersama para pemenang kompetisi DigiRace 2020. - Bisnis/Novianti
Territory Sales Manager Kabupaten Bandung Barat Akhifin berfoto bersama para pemenang kompetisi DigiRace 2020. - Bisnis/Novianti

Bisnis.com, CIMAHI – PT XL Axiata membuktikan kelancaran jaringan datanya di Cimahi melalui kompetisi DigiRace 2020.

Territory Sales Manager Kabupaten Bandung Barat, Akhifin mengatakan peserta kompetisi ini merupakan para penggiat media sosial atau Key Opinion Leader (KOL) dari Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Kegiatan yang sama serentak digelar di empat kota besar antara lain Bogor, Cimahi, Manado dan Pontianak dan diikuti oleh 50 peserta. DigiRace 2020 ditargetkan bisa menjangkau 5 juta user melalui berbagai platform media sosial dan kanal digital.

“Para peserta merupakan tokoh yang memiliki pengaruh kuat di media sosial. Selama kompetisi, mereka mengunjungi delapan lokasi yang beragam untuk membuktikan jika layanan data XL Axiata bisa mendukung aktivitas produktif mereka. Hal ini dibuktikan melalui beberapa tantangan,” ujar Akhifin, Sabtu (29/2/2020).

Akhifin memaparkan, tantangan yang harus diselesaikan oleh para peserta terdiri dari menjawab kuis melalui video streaming di aplikasi YouTube dan beberapa permainan yang menggunakan media lainnya seperti Spotify, Instagram dan Netflix.

“Semua tantangan yang diberikan ini merupakan aktivitas digital untuk menguji kualitas jaringan setelah dilakukan fiberisasi. Oleh karena itu, mereka harus mengakses layanan data dengan kapasitas besar seperti streaming, mengunduh, mengunggah, dan bermain game,” katanya.

Dia menjelaskan, fiberisasi adalah upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber. Dalam proses ini, perangkat yang selama ini memakai microwave diganti menjadi perangkat fiber.

Program fiberisasi jaringan merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G di masa depan. Sebagai teknologi jaringan tercanggih, 5G mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak dan delay yang rendah. Keunggulan teknologi ini hanya bisa didapatkan jika BTS terkoneksi dengan jaringan fiber.

“XL Axiata telah melaksanakan program fiberisasi secara masif di seluruh wilayah Indonesia dalam tiga tahun terakhir. Secara Nasional, hingga akhir tahun 2019, sekitar 50% BTS telah terhubung dengan jaringan fiber. Kami menargetkan fiberisasi akan meningkat hingga 70% BTS di akhir tahun 2020. Saat ini, fiberisasi sudah hadir di Pulau Jawa dan kota-kota besar,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata
Editor : Ajijah
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top