Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkab Cirebon Pastikan 2020 Ini Seluruh Puskesmas Bisa Layani Pengidap HIV/AIDS

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon memastikan, seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di kabupaten pada 2020 ini bisa melakukan penanganan kepada pengidap human immunodeficiency (HIV) dan acquired immune deficiency syndrome (AIDS).
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 26 Februari 2020  |  13:35 WIB
Pemkab Cirebon Pastikan 2020 Ini Seluruh Puskesmas Bisa Layani Pengidap HIV/AIDS
Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni - Bisnis/Hakim Baihaqi
Bagikan

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon memastikan, seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di kabupaten pada 2020 ini bisa melakukan penanganan kepada pengidap human immunodeficiency (HIV) dan acquired immune deficiency syndrome (AIDS).

Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, mengatakan, dari 60 puskesmas yang berada di 40 kecamatan Kabupaten Cirebon hanya 11 puskesmas belum bisa melayani pengidap penyakit tersebut.

"Tahun ini pastikan semuanya bisa melayani masyarakat pengidap HIV dan AIDS," kata Enny saat ditemui di Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon, Rabu (26/2/2020).

Dinkes Kabupaten Cirebon, saat ini masih menunggu anggaran untuk pembentukan puskesmas yang bisa melayani pasien penyakit tersebut.

"Kalau anggaran sudah turun, kami akan siapkan SDM atau peralatannya," katanya.‎

Jumlah pengidap HIV dan AIDS di Kabupaten Cirebon, hingga akhir 2019 mencapai 1.993 orang. ‎Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun 2018, yakni 1.812 orang.

Penyebab jumlah pengidap AIDS di Kabupaten Cirebon mengalami peningkatan, lantaran masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahaya penyakit menular tersebut.

Selain itu, faktor lain penularan penyakit tersebut adalah sering melakukan aktivitas atau pun kegiatan yang memunculkan AIDS, di salah satunya seks bebas dan penggunaan jarum suntik bersamaan.

70 persen dari total seluruh pengidap AIDS di Kabupaten Cirebon adalah laki-laki. "Paling banyak menimpa laki-laki yang melakukan hubungan sesama jenis, sisanya perempuan," kata Enny.‎

Upaya menekan jumlah pengidap AIDS, Dinkes Kabupaten Cirebon menggandeng sejumlah komunitas untuk mengedukasi terkait bahaya penyakit AIDS dan penularannya kepada manusia. Kemudian, sosialisasi disejumlah tempat hiburan malam.

Enny menuturkan, pemerintah daerah telah menyediakan layanan kesehatan untuk pengidap AIDS di Kabupaten Cirebon sebanyak 49 tempat. Tempat tersebut berada di puskesmas, lembaga pemasyarakatan, atau rumah sakit.

"Tahun ini kami mendorong seluruh puskesmas di Kabupaten Cirebon memberikan pelayanan bagi pengidap AIDS," katanya. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top