Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cantiknya Pantai Barat dan Timur Pangandaran Usai Direvitalisasi

Pantai Barat dan Timur Pangandaran bersalin rupa. Revitalisasi dilakukan guna mewujudkan Kabupaten Pangandaran sebagai Kabupaten Wisata di Jabar.
Tampilan baru kawasan Pantai Pangandaran/Bisnis-Wisnu Wage
Tampilan baru kawasan Pantai Pangandaran/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com,BANDUNG—Pantai Barat dan Timur Pangandaran bersalin rupa. Revitalisasi dilakukan guna mewujudkan Kabupaten Pangandaran sebagai Kabupaten Wisata di Jabar.

Kini, kawasan destinasi wisata di Kabupaten Pangandaran itu kian menarik dan menjadi primadona dengan fasilitas baru: Mulai jalur pedestrian yang lebar dan nyaman hingga Plaza Air Mancur.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun meresmikan Plaza Air Mancur sebagai tanda selesainya revitalisasi tahap pertama Pantai Barat dan Timur Pangandaran dalam acara yang berlangsung di Pantai Timur Pangandaran, Selasa (31/12/19).

Menurut Emil –sapaan Ridwan Kamil, kawasan destinasi wisata Pangandaran merupakan etalase wisata pantai Jabar.

“Pangandaran memang istimewa karena etalase wisata pantai paling utamanya ada di Pangandaran. Tahun 2019, kita (Pemerintah Daerah Provinsi Jabar) hampir (mengalokasi anggaran) Rp 100 miliar untuk memperbaiki Pantai Barat dan Timur Pangandaran,” kata Emil.

“Warga luar bisa antusias. Ekonominya, kesaksian Bapak Bupati (Jeje Wiradinata), toko-toko sepanjang jalan (pendapatannya) meningkat hampir tiga kali lipat,” tambahnya.

Dengan revitalisasi, Emil berharap kawasan destinasi wisata Pangandaran dapat naik kelas dan jumlah kunjungan wisatawan ikut meningkat. Emil pun meminta warga dan wisatawan untuk turut menjaga kebersihan Pantai Barat dan Timur Pangandaran.

“Pangandaran harus menjadi kelas yang level Indonesia karena tugas kita dengan kekompakan provinsi dan daerah akan membuat Pangandaran ini menjadi 'Hawaii-nya Jabar',” ucap Emil.

“Saya titip ke warga dan wisatawan, titipan saya cuma satu jangan buang sampah sembarangan, jaga ketertiban, motor-motor jangan naik-naik ke trotoar nanti bikin rusak area pedestrian yang sudah diperbaiki,” imbuhnya.

Adapaun pada Tahap I revitalisasi, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar dan Pemda Kab. Pangandaran menyepakati fokus pemberian ruang terbuka publik kepada wisatawan dan masyarakat sekitar sekaligus memudahkan akses menuju pantai.

Dalam acara tersebut, Pemda Provinsi Jabar juga menyerahkan dua unit mobil rescue kepada Pemda Kab. Pangandaran.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata sementara itu mengapresiasi komitmen Pemda Provinsi Jabar dalam memperbaiki destinasi wisata di Pangandaran.

“Kami sudah melakukan survei. Pedagang asongan yang biasa jualan sekali pada akhir pekan menjadi tiga kali. Karena kunjungan wisatawan meningkat dan pembeli banyak. Jam 7 sampai 8 pagi dagangan sudah habis,” kata Jeje.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper