Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiap Kecamatan di Bandung Diminta Bentuk Forum PKL

Ketua Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Pedagang Kaki Lima (PKL) yang juga Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menginstruksikan para camat untuk segera membentuk forum PKL di wilayahnya. Para camat juga diminta mengawasi dan mengendalikan lokasi PKL yang sudah ditata.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG -- Ketua Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Pedagang Kaki Lima (PKL) yang juga Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menginstruksikan para camat untuk segera membentuk forum PKL di wilayahnya. Para camat juga diminta mengawasi dan mengendalikan lokasi PKL yang sudah ditata.

Dua hal itu merupakan bagian dari 5 instruksi Yana terkait penataan PKL di Kota Bandung.

"Pertama, Satgasus harus memperkuat kordinasi perangkat daerah dan kewilayah," kata Yana, Rabu (4/12).

Sedangkan instruksi lainnya yaitu, seluruh camat agar berinovasi dan bekerja cerdas dalam bingkai kolaborasi dan desentralisasi.

"Aplikasi SIPKL (Sistem Informasi Pedagangang Kaki Lima Kota Bandung) agar dapat diakses sebagai informasi kebersamaan pedagang kaki lima, serta pembuatan cetak kartu PKL," tutur Yana.

"Aksi nyata itu harus dilakukan segera. Jangan sampai konsep penataan yang sudah bagus hanya sekedar rencana aksi yang tidak pernah direalisasikan," tegasnya

Yana menilai, PKL sebagai wirausahawan yang telah berkontribusi pada perekonomian daerah. Hal tersebut sebagai aset ekonomi yang dapat diandalkan.

"Oleh karena itu, terbentuknya tim Satgasus PKL untuk mengoordinasi mulai perencanaan, penataan, pembinaan, pengawasan serta pengendalian dan penegak hukum," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM), Atet Dedi Handiman mengatakan, beberapa kawasan PKL sudah ada yang direlokasi dan ditata lebih baik. Di antaranya, Basemen Alun-alun sebagai relokasi dari Jalan Asia Afrika, Jalan Dewi Sartika, Jalan Dalem Kaum dan Jalan Kepatihan (150 PKL), Basemen BIP relokasi dari Jalan merdeka (25 PKL), Basemen Pasar Ujungberung relokasi dari sekitaran Alun-alun Ujungberung (82 PKL). Taman Sari relokasi dari Jalan Dayang Sumbi (32 PKL).

Termasuk di Jalan Cibadak, Buahbatu, Regol, Rancasari, Malabar, dan sejumlah lokasi lainnya. Sedangkan PKL Cicadas, Cikapundung Barat dan Kosambi dalam proses penataan.

"Pada beberapa penataan dan relokasi, ada yang sudah berjalan baik dan ada yang perlu diperbaiki. Termasuk penataan fasilitas penunjang seperti toilet,"ujar yang juga sebagai Sekretaris Satgasus PKL Kota Bandung‎. (k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper