Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sektor Pariwisata Sumbang 33% PAD Kota Bandung

Sektor pariwisata menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di Kota Bandung. Setiap tahun, 33% pendapatan daerah atau sebesar Rp740 miliar bersumber dari aktivtas pariwisata, baik pajak hotel, hiburan, hingga restoran.
Alun-alun Kota Bandung/pkskotabandung.com
Alun-alun Kota Bandung/pkskotabandung.com

Bisnis.com, BANDUNG -- Sektor pariwisata menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di Kota Bandung. Setiap tahun, 33% pendapatan daerah atau sebesar Rp740 miliar bersumber dari aktivtas pariwisata, baik pajak hotel, hiburan, hingga restoran.

Potensi pariwisata Kota Bandung memang menjadi andalah untuk Kot Bandung. Pada tahun 2018 saja, ada 7,5 juta wisatawan domestik dan 155 ribu wisatawan mancanegara yang berkunjung di Bandung. Mereka membelanjakan uangnya di Bandung rata-rata Rp1 juta per orang.

Peluang ini tentunya menjadi potensi yang menganga untuk Kota Bandung . Untuk itu, Pemerintah Kota Bandung melalui Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar), yakni komunitas berbasis masyarakat di bidang pariwisata terus mengeksplorasi potensi wisata di Kota Bandung.

“Mereka bisa menggerakkan potensi pariwisata Kota Bandung. Rata-rata mereka adalah para pelaku pariwisata di wilayah-wilayah,” ungkap Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Selasa (12/11).

Kompepar ini memiliki kekuatan jejaring di 30 kecamatan di Kota Bandung. Kompepar di tingkat kecamatan rata-rata digerakkan oleh pengurus sebanyak 15-25 orang. Mereka bertugas mengakselerasi pemberdayaan potensi wisata di wilayahnya masing-masing.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Tantan Santana menerangkan Kompepar merupakan jembatan yang memfasilitasi lokus-lokus wisata untuk saling berintegrasi. Sehingga bisa menjadi atraksi baru sesuai dengan ciri khas wilayahnya.

Setidaknya, para pengurus Kompepar harus membangun Sapta Pesona Pariwisata di setiap destinasi wisata. Mereka harus memastikan ketujuh nilai Sapta Pesona hadir untuk dirasakan para wisatawan.

“Ketujuh Sapta Pesona itu antara lain aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah-tamah, dan kenangan. Karena kalau liburan tanpa kenangan itu hampa. Maka kita harus hadirkan kenangan-kenangan yang positif bagi wisatawan yang datang ke Kota Bandung,” ujar Tantan. (k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper