Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jabar Siapkan Beasiswa bagi 1.312 Mahasiswa

Pemerintah Provinsi Jawa Barat resmi membuka program beasiswa Jabar Future Leader (JFL) 2019 mulai 26 Agustus sampai 8 September 2019 mendatang. 
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara
Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat resmi membuka program beasiswa Jabar Future Leader (JFL) 2019 mulai 26 Agustus sampai 8 September 2019 mendatang. 
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dewi Sartika mengatakan program beasiswa ini terbuka bagi seluruh warga Jabar yang sedang menempuh pendidikan jenjang S1, S2 dan S3.
"Program JFL adalah upaya Pemprov Jabar guna memfasilitasi warga Jabar yang berkuliah di pendidikan tinggi di wilayah Jawa Barat,” katanya dalam acara Japri Humas Jabar di Gedung Sate, Bandung, Senin (26/8/2019).
Dewi menambahkan, setiap mahasiswa nantinya menerima manfaat bantuan biaya pendidikan serta program pembinaan dan pendampingan. “Beasiswa JFL terbagi menjadi dua kategori, yakni beasiswa prestasi akademis dan beasiswa prestasi non-akademis,” ujarnya.
Kuota penerima beasiswa prestasi akademis ini cukup besar yakni 1.312 mahasiswa. Ada empat jenis beasiswa yang disiapkan, yaitu beasiswa pendidikan penuh jenjang S1 (705 mahasiswa), beasiswa pendidikan penuh jenjang S2 (157 mahasiswa), beasiswa bantuan biaya pendidikan jenjang S3 (50 mahasiswa) dan beasiswa percepatan akses pendidikan tinggi jenjang S1 (400 mahasiswa).
Ia menambahkan, adapun untuk beasiswa pendidikan penuh jenjang S1, S2 dan beasiswa bantuan biaya pendidikan jenjang S3 diperuntukan untuk mahasiswa baru yang diterima di 10 universitas teraktreditasi A yang telah bekerja sama dengan PemprovJabar.
Ke-10 universitas tersebut, yakni Intsitut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Indonesia,
Universitas Pasundan, Universitas Islam Bandung, Universitas Telkom dan Universitas Parahyangan dan Universitas Presiden.
"Khusus untuk beasiswa bantuan biaya pendidikan jenjang S3, ada satu tambahan universitas yang bisa mengikuti. kategori beasiswa tersebut, yakni mahasiswa UIN
Sunan Gunung Djati Bandung," tambah Dewi. 
Sedangkan kuota penerima beasiswa prestasi non-akademis sebanyak 385
mahasiswa, yang terbagi menjadi 4 jenis. Antara lain, beasiswa prestasi keagamaan jenjang S1 (135 mahasiswa), beasiswa prestasi keolahragaan jenjang S1 (85 mahasiswa), beasiswa prestasi kesenian jenjang S1 (85 mahasiswa) dan beasiswa prestasi keorganisasian jenjang S1 (85 mahasiswa). Ke-4 kategori tersebut bisa diikuti oleh mahasiwa baru dan mahasiswa berjalan (ongoing). Lama program beasiswa bagi empat kategori tersebut adalah 1 tahun. 
Setelah melalui proses pendaftaran, proses seleksi berkas akan dilakukan oleh sistem mulai 9 sampai 15 September 2019, dilanjutkan dengan seleksi oleh perguruan tinggi pada 16 September hingga 4 Oktober 2019 dan seleksi oleh Pemprov pada 7 hingga18 Oktober 2019. Informasi lebih lengkap bisa dicek melalui situs resmi Disdik Jabar http://disdik.jabarprov.go.id/
Penerima beasiswa akan diumumkan pada 21 Oktober 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper