Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Kreatif Jadi Pendorong Pelestarian Budaya

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menilai ekonomi kreatif akan mampu melestarikan dan mengembangkan seni tradisoal dan budaya di Kota Bandung. Bahkan ia menilai, seni tradisional juga bisa meningkatkan pasar ekonomi kreatif Kota Bandung lebih global.
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana (kanan)/Bisnis-Dea Andriyawan
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana (kanan)/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG — Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menilai ekonomi kreatif akan mampu melestarikan dan mengembangkan seni tradisoal dan budaya di Kota Bandung. Bahkan ia menilai, seni tradisional juga bisa meningkatkan pasar ekonomi kreatif Kota Bandung lebih global.

Oleh karenanya, Yana memastikan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung selalu mendukung dan menfasilitasi kesenian tradisional dan ekonomi kreatif untuk lebih berkembang.

"Dalam rangka meningkatkan perekonomian, Pemkot Bandung mendukung penguatan ekonomi kreatif. Maka, keberadaan seni tradisi dan budaya lokal akan tetap lestari di masyarakat," ujarnya, Senin (26/8).

Salah satunya yakni dengan menggelar agenda kebudayaan dengan dikolaborasikan bersama kalender ekonomi kreatif. Sebab dengan demikian secara tidak langsung akan mampu menjadi pengembangan ekosistem ekonomi dalam konteks kreativitas tradisi.

"Di dalamnya harus ada kolaborasi dalam bentuk kompetisi dan pameran yang menawarkan nilai budaya, itu menjadi ciri khas kearifan lokal," pintanya.

Ia yakin atas hal tersebut karena berdasarkan Direktori Bekraf Information System and Mobile Application (Bisma), di Kota Bandung terdapat 16 sub sektor ekknomi kreatif. Di antaranya aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fesyen, films animasi, dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penertiban, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa dan televisi radio.

"Kota Bandung pada tahun 2017 ditunjuk oleh Bekraf sebagai tuan rumah, karena potensinya sangat besar. Menghasilkan ide demi kemajuan ekonomi, maka secara umum ekonomi kreatif merupakan ekonomi berbasis gagasan dan imajinasi," kata Yana.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung (Disbudpar) Kota Bandung, Dewi Kaniasari menyampaikan salah satu dukungan Pemkot Bandung terhadap kebudayaan dan ekonomi kreatif adalah dengan menggelar kegiatan Rempug Jukung bertujuan untuk mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif Kota Bandung dalam bentuk kompetisi dan pameran.

"Ini menjadi peningkatan nilai budaya dan kreativitas yang menjadi ciri khas kearifan lokal kota Bandung," kata Kenny, sapaan akrabnya.

Menurutnya, dengan hadirnya Rempug Jukung yang dilaksanakan akhir pekan lalu inl akan mampu meningkatkan sub sektor yaitu fesyen musik, kriya atau kerajinan dengan konteks kreativitas tradisi di bawah Disbudpar melalui bidang ekonomi dan kreatif.

"Ini sebagai sarana berkreasi untuk menggiatkan komunitas pelaku ekonomi krearif berbasis tradisi yang juga menampilkan fesyen musik dan kuliner," jelasnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper