4 BUMN Kirim 30 Pelajar Jabar ke Kalimantan Timur

30 pelajar asal Jabar mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 ke Kalimantan Timur lewat program yang diinisiasi PT Bio Farma, PT LEN, PT Jasa Marga dan Perum Jasa Tirta II.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  12:46 WIB
4 BUMN Kirim 30 Pelajar Jabar ke Kalimantan Timur
Pelepasan 30 pelajar asal Jabar mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 ke Kaltim - Bisnis/Wisnu Wage
Bisnis.com,BANDUNG—30 pelajar asal Jabar mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 ke Kalimantan Timur lewat program yang diinisiasi PT Bio Farma, PT LEN, PT Jasa Marga dan Perum Jasa Tirta II.
Puluhan siswa tersebut, dilepas oleh Kepala Biro BUMD Investasi Provinsi Jawa Barat dan Asisten Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata II Kementerian BUMN di Aula Barat, Gedung Sate, Bandung, Selasa (13/8/2019).
Asisten Deputi Energi Logistik Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Silvester Budi Harjo mengatakan program ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan 17 Agustus. Karena, Meneg BUMN ingin gebyar peringatan 17 Agustus tak hanya dirasakan di kantor gubernur dan kantor pemerintah BUMN.  Tapi, bisa dirasakan hingga ke pelosok.
"Harapannya, bisa menyebar jadi ada siswa dari luar yang datang ke Jabar, maupun ke Papua," katanya.
Program SMN ini menurutnya, bisa berjalan karena dibantu BUMN masing-masing, Pemerintah Kota Bandung dan Pemprov Jabar serta melibatkan para guru.
Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dewi Sartika, Pemprov Jabar memberikan apresiasi luar biasa pada program SMN yang sudah berjalan selama 5 tahun sejak 2015. Seleksi, di lakukan masing-masing perwakilan kabupaten/kota sebanyak 4 orang. 
"Tapi yang dipilih dari Kabupaten/kota  satu orang dan ada yang 2. Rincianya, 14 orang dari SMK, 3 orang SLB dan 13 orang SMA," katanya. 
Dewi menilai, kegiatan ini sangat bagus untuk untuk memotivasi dan memberikan pembekalan bagi siswa mengenai Indonesia. Yakni, dengan mengenalkan berbagai budaya, enterpreneurship, pengelolaan aset dan lainnya. 
"Ini pelajaran luar biasa untuk anak-anak. Diharapkan jumlah pesertanya ke depan bisa lebih banyak karena kan penduduk  Jabar lebih banyak," kata Dewi seraya mengatakan siswa dari Kaltim pun akan datang ke Jabar sebanyak 23 orang.
Sementara menurut Direktur Human Kapital Jasa Marga, Alex Deni, saat ini pembangunan mengarah ke SDM karena pembangunan infrastuktur sudah masif. Program SMN ini digelar agar siswa bisa memahami betapa kayaknya negara ini. Diharapkan, ke depan akan muncul generasi muda yang akan menjaga negara ini. Serta, memastikan bahwa bonus demografi yang secara teori akan dinikmati bangsa ini benar-benar dinikmati karena SDMnya.
"Semua siswa, akan melihat keragaman suku, budaya, adat istiadat. BUMN yang ada disana juga akan membangun jejaring dan network," katanya.
Alex menjelaskan, siswa yang mengikuti program ini dipilih oleh dinas pendidikan. Dari 30 orang tersebut, beberapa orang ada yang disabilititas.  Siswa, akan sepekan berada di Kaltim. Begitu juga, siswa dari Kaltim selama sepekan akan berada di Jabar.
"Satu minggu pertukarannya. Dari kaltim kesini dan dari Jabar ke Kaltim. Totalnya, ada 800 siswa dipertukarkan di 34 provinnsi kerja sama seluruh BUMN," katanya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemprov jabar

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top