Kebutuhan Hewan Kurban di Jabar Tahun Ini Diprediksi Capai 275.000 Ekor

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar Koesmayadie Tatang Padmadinata memprediksi ada peningkatan kebutuhan hewan kurban di Jabar 2019 ini. 
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 06 Agustus 2019  |  09:50 WIB
Kebutuhan Hewan Kurban di Jabar Tahun Ini Diprediksi Capai 275.000 Ekor
Ilustrasi - Antara
Bisnis.com,BANDUNG--Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar Koesmayadie Tatang Padmadinata memprediksi ada peningkatan kebutuhan hewan kurban di Jabar 2019 ini. 
Koesmayadi mengatakan berdasarkan data tahun lalu terdapat 260.000 hewan kurban yang ada di Jabar, baik itu sapi, kambing, domba dan kerbau. "Kita prediksi di atas 250 ribu ekor, mungkin 275 ribu ekor hewan kurban," katanya di Bandung, Selasa (6/8/2019).
Peningkatan ini menurutnya dipengaruhi daya beli masyarakat yang juga meningkat serta pertumbuhan ekonomi di Jabar. Karena itu untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban, pihaknya mendatangkan dari Jawa Timur dan Jawa Tengah.
Dia mengaku dari segi ketersediaan hewan kurban di Jabar khususnya kerbau dan sapi tidak mencukupi untuk Iduladha tahun ini. Menurut dia, persentase kebutuhan hewan kurban 70% berasal dari luar dan 30% stok yang ada di Jabar.
"Ruminansia besar (sapi dan kerbau) kita kekurangan, kita masih 400 ribuan ekor sapi Jabar, kalau dikurbankan habis nanti. Kita datangkan dari luar. Dari Jatim dan Jateng, mereka populasinya banyak," pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
iduladha

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top