Peduli Sesama dan Lingkungan, KAI Berikan Bantuan CSR

Dalam rangka menjalankan komitmen kepedulian terhadap sesama dan lingkungan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali berbagi melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).
Novianti
Novianti - Bisnis.com 01 Agustus 2019  |  17:35 WIB

Bisnis.com, BANDUNG - Dalam rangka menjalankan komitmen kepedulian terhadap sesama dan lingkungan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali berbagi melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro mengatakan sepanjang bulan Juli 2019 ini, KAI melaksanakan berbagai kegiatan CSR seperti bantuan Bina Lingkungan Tanggap Bencana Gempa Bumi Maluku Utara sebesar Rp50.000.000. Bantuan dana ini disalurkan melalui BUMN Hadir untuk Negeri dengan Koordinator PT Antam.

“Ini adalah salah satu program CSR yang merupakan tanggung jawab kami sebagai perusahaan BUMN. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan membantu sesama yang membutuhkan," ujar Edi, Rabu (31/7/2019).

Edi menambahkan, KAI juga mulai melaksanakan program Bantuan Bina Lingkungan Pendidikan Seleksi Siswa Mengenal Nusantara sebesar Rp90.968.250. Tahap pertama yang telah dilaksanakan, yaitu seleksi siswa yang akan menjadi peserta. 

Bantuan ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan BUMN Hadir untuk Negeri dan tahun 2019 ini KAI bertugas menangani Siswa Mengenal Nusantara di Provinsi Sumatera Barat.

Adapun Siswa Mengenal Nusantara di Provinsi Sumatera Barat ini merupakan sinergi tiga BUMN antara lain KAI, PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) dan PT Semen Padang.

“Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ditujukan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA, SMK dan SLB. Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen Pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi,” katanya.

Siswa dari seluruh provinsi akan dikirimkan ke daerah lain selama satu minggu, yaitu pada minggu ketiga atau keempat bulan Agustus tahun 2018. KAI dan BUMN  lainnya masih akan menangani seluruh rangkaian kegiatan SMN ini hingga akhir rangkaian di bulan Agustus 2019.

KAI juga memberikan beberapa bantuan Bina Lingkungan Sosial Kemasyarakatan di berbagai daerah antara lain bantuan Bina Lingkungan Sosial Kemasyarakatan Pembuatan Prasarana dan Sarana Mandi, Cuci & Kakus (MCK) Warga Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman dalam "BUMN Hadir Untuk Negeri" di Provinsi Sumatera Barat sebesar Rp100.000.000.

Bantuan ini merupakan Sinergi 3 BUMN antara lain KAI, PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) dan PT Semen Padang. Bantuan serupa dengan besaran yang sama pun diberikan masing-masing di Kecamatan Kayu Tanam dan Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Masih di Pulau Sumatera, KAI juga memberikan bantuan Bina Lingkungan Pengembangan Prasarana dan Sarana Umum berupa perbaikan kantor desa dan sarana mesin sumur bor Desa Payakabung, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Palembang sebesar Rp50.000.000. 

Selain itu, KAI juga memberikan bantuan Bina Lingkungan Pelestarian Alam berupa penanaman pohon bambu dan mangrove di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara sebesar Rp30.000.000.

“Berbagai bantuan bina lingkungan ini sejalan dengan misi KAI untuk menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagistakeholders dan kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pt kai

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top