Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kabupaten/Kota di Jabar Diminta Genjot Sertifikasi Halal

Tahun ini, total ada 300 sertifikat halal yang diberikan kepada IKM dari 26 kabupaten/kota di Jawa Barat, kecuali Kota Bandung yang telah memiliki fasilitas sertifikasi halal secara mandiri dari Pemerintah Kota Bandung.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 23 Juli 2019  |  16:12 WIB
Penyerahan sertifikat halal bagi IKM di Jabar - Bisnis/Wisnu Wage
Penyerahan sertifikat halal bagi IKM di Jabar - Bisnis/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG--Tahun ini, total ada 300 sertifikat halal yang diberikan kepada IKM dari 26 kabupaten/kota di Jawa Barat, kecuali Kota Bandung yang telah memiliki fasilitas sertifikasi halal secara mandiri dari Pemerintah Kota Bandung.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan program sertifikasi halal penting sebagai salah satu upaya akselerasi program Jabar Juara Lahir dan Batin, terutama mewujudkan IKM Jabar Juara. Apalagi, IKM tersebut memproduksi berbagai macam olahan makanan dan minuman.

Jawa Barat sendiri memiliki konsumen dengan mayoritas muslim alias pemeluk agama Islam yang dituntut mengonsumsi makanan halal, sehat, dan bergizi.

"Oleh karena itu, hal ini (sertifikat halal) adalah tanggung jawab kami sebagai pemerintah untuk mensertifikasi halal produk IKM bekerjasama dengan MUI yang mempunyai legalitas," ujarnya di Gedung Sate, Bandung, Selasa (23/7/2019).

Dalam acara penyerahan sertifikat, Uu juga mendorong pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat agar mengeluarkan sertifikat halal untuk produk makanan yang dihasilkan IKM di daerahnya.

"Saya minta kepada kabupaten/kota, karena visi misi kami adalah kolaborasi dan inovasi, artinya kita tetap harus berkolaborasi dengan kabupaten/kota," ujar Uu.

"Termasuk di dalamnya adalah menyertifikasi produk halal yang ada di Jawa Barat. Jadi, saya minta kepada bupati/wali kota untuk mendorong lahirnya produk yang memiliki sertifikat halal," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Syariah dan Produk Halal MUI Jawa Barat Mustafa Jamaludin mengatakan hingga kini MUI Jawa Barat telah mengeluarkan 25.000 sertifikat halal dan sekira 7.000 di antaranya merupakan fasilitasi dari berbagai lembaga.

"Dan fasilitasi terbesar adalah dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat. Jawa Barat adalah provinsi yang terbesar di republik ini yang telah memberikan fasilitasi kepada IKM dari pemerintah provinsi," ucap Mustafa.

Tidak heran, lanjut Mustafa, jika Jawa Barat disebut sebagai provinsi halal pertama di Indonesia. Mustafa pun berharap pada 2022 mendatang Jawa Barat bisa menjadi juara di bidang IKM dan UKM yang bersertifikat halal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sertifikat halal
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top