Tol Cigatas Arah Garut Direvisi, Ini Respons Pemprov Jabar

Rencana perubahan rute tol Cigatas ke arah Garut bisa dimaklumi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 17 Juli 2019  |  10:49 WIB
Tol Cigatas Arah Garut Direvisi, Ini Respons Pemprov Jabar
Sekda Jabar Iwa Karniwa (kiri)

Bisnis.com,BANDUNG—Rencana perubahan rute tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya atau Cigatas ke arah Garut bisa dimaklumi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan proyek ini dari sisi rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) sudah tidak memiliki persoalan, baik di provinsi maupun kabupaten/kota.

“Sudah masuk nggak ada persoalan baik di tata ruang kabupaten kota atau di provinsi,” katanya di Bandung, Rabu (18/7/2019).

Menurutnya perubahan rute dan trase sangat memungkinkan untuk dilakukan penyesuain oleh pemrakarsa. Dia menilai jika rute baru ke arah Kota Garut lebih dimungkinkan lebih cepat dan menguntungkan maka itu yang akan diambil.

“Karena ini polanya business to business mana yang dimungkinkan lebih cepat dan banyak menguntungkan baik untuk masyarakat dan investasi,” paparnya.

Iwa berharap proses pengajuan dari pusat terkait penetapan lokasi bisa dilakukan tahun ini agar pihaknya bisa segera membentuk tim teknis.

“Karena itu sudah jadi domain pemerintah pusat kami tinggal menunggu saja domain Pemprov yaitu mengenai penlok. Kalau ada permintaan penlok dari Pak Dirjen atau BPJT kami akan segera melakukan tindak lanjut,” tuturnya.

Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap ini menurut Iwa sudah sangat ditunggu oleh 10 Kabupaten/Kota di Priangan. Terlebih Pemprov Jawa Barat tengah menggenjot ekonomi wisata di kawasan tersebut. “Seperti di Garut wisatanya banyak tapi terkendala kemacetan yang luar biasa,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tol cigatas cileunyi garut tasik

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top