Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terbang Dari Kertajati Bisa Dapat Diskon Hotel 60%

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar memastikan sejumlah hotel siap memberikan diskon menginap hingga 60% bagi penumpang yang melakukan penerbangan melalui BIJB Kertajati, Majalengka.
Bandara Kertajati/Bisnis-Wisnu Wage
Bandara Kertajati/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com,BANDUNG—Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar memastikan sejumlah hotel siap memberikan diskon menginap hingga 60% bagi penumpang yang melakukan penerbangan melalui BIJB Kertajati, Majalengka.

Kepastian itu diikat melalui MoU para pemilik hotel di bawah naungan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar di wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan (Ciayumajakuning).

"Ya, kemarin sudah disepakati ada special rate hotel untuk penumpang atau wisatawan yang terbang di BIJB. MoU-nya ditandatangani," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik saat dihubungi, Rabu (10/7/2019).

Dia mengatakan, penguatan BIJB harus dilakukan oleh berbagai pihak. Kesepakatan ini juga sebagai bentuk dukungan menyusul kebijakan bus Damri dari Bandung ke Kertajati digratiskan selama setahun penuh.

Berkaitan dengan diskon, pihak hotel rencananya memberikan potongan harga sebesar 50 hingga 60% bagi penumpang maupun wisatawan yang melakukan penerbangan melalui BIJB. Syaratnya, mereka cukup menunjukkan tiket atau boarding pass penerbangan.

"Hal ini merupakan salah satu upaya promosi untuk meningkatkan tingkat kedatangan penumpang di BIJB semenjak dialihkannya sejumlah rute penerbangan dari Bandara Husen Sastranegara per 1 Juli kemarin. Sekarang sudah berlaku, memang belum semua hotel. Tapi sosialisasi terus berjalan," ucapnya.

Ketua PHRI Jabar, Herman Muhtar menjelaskan kesepakatan ini lahir untuk mempertahankan tren positif kunjungan wisatawan ke wilayah Ciayumajakuning pascaperalihan sebagian rute penerbangan dari Husein Sastranegara ke BIJB.

"Diskon ini sudah berjalan. Sejauh ini sudah ada 24 hotel yang menjalankannya. Di antaranya di wilayah Cirebon tiga atau empat dan satu hotel di Majalengka. Jumlah (hotel yang memberikan diskon) bisa bertambah," terangnya.

Kebijakan ini diujicobakan selama empat bulan. Jika hasilnya memuaskan, maka pemberian diskon terus diperpanjang selama setahun penuh.

"Kami akui, kalau (pemberian diskon) ditinjau dari sisi bisnis, hitungannya ya rugi. Tapi ini untuk dukungan pemerintah sekaligus BIJB. Kalau trennya bagus, ini akan berdampak positif untuk industri hotel," katanya.

"Tapi, kami juga minta para kepala daerah yang ada di wilayah Ciayumajakuning sigap mempersiapkan pariwisatanya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper