Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disparbud Jabar Kaji Wisatawan di Pangandaran Tukar Sampah Jadi Voucher Hotel

 
Bisnis.com, BANDUNG—Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat mendapat tugas dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil menuntaskan persoalan sampah objek wisata Kawasan Pangandaran.
 
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jabar Dedi Taufik mengatakan produksi sampah di Pangandaran menjadi masalah serius seiring tingginya kunjungan wisatawan.
 
Pihaknya mengaku sudah menyiapkan solusi jitu mengatasi sampah kawasan yang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan tersebut.
 
"Pengelolaan sampah di tempat destinasi wisata kita akan melakukan di pantai Pangandaran menjadi model. Kamis ini kita lakukan FGD dengan beberapa komunitas Pangandaran," ujarnya, Kamis (27/6/2019).
 
Rencananya, skema penanganan sampah akan dilakukan dengan memberikan kantong sampah kepada wisatawan di loket tiket. Nantinya wisatawan diminta menukarkan sampah tersebut ke loket tiket sebelum meninggalkan Pangandaran.
 
"Nah kantong sampah ini, nanti selama dia stay di Pangandaran ini satu hari atau dua hari kembalinya itu ditimbang, terutama yang sampah sampah anorganik," tuturnya.
 
Dia mengatakan nantinya sampah yang dikumpulkan wisatawan itu akan dikonversi menjadi voucher hotel, diskon makan hingga layanan bus gratis. Pihaknya juga menggandeng pelaku usaha di sekitar Pangandaran untuk menyediakan hadiah tersebut.
 
"Nah ini yang perlu kita berdayakan mohon dukungan dari berbagai pihak. Kita akan terapkan nanti di Pangandaran, kemudian juga di destinasi destinasi di Jabar lainnya," tuturnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper