Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil

Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan menggandeng BliBli guna memasarkan produk pertanian Jawa Barat sekaligus memutus mata rantai tengkulak.

Ridwan Kamil mengatakan kerjasama yang sudah dijalin sebulan lalu akan memfokuskan perusahaan e-Commerce tersebyt untuk membantu pertanian di pedesaan wilayahnya.

“Dengan BliBli kita akan fokus membuat pertanian desa bisa digital commers, dan ini sudah terjadi hasil kajian Blibli pertanian langsung dari petani ke konsumen responnya baik,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Jumat (3/5/2019).

Menurutnya BliBli sudah mencontohkan sukse menjial produk petanian sayuran dari Ciwidey yang dikelola Pesanteen Al Itifak. Sukses ini mengilhami pihaknya memperluas kerjasama. “Dari dulu saya nyari sukses story nah ini suksesnya, dilatih BliBli dibantu mencuri selera produknya, banyak diekspor ke BliBlinya,” katanya.

Dengan upaya mendigitalisasi perdagangan di desa pihaknya yakin suatu hari tengkulak akan berkurang. Perani yang tidak sejahtera bisa mengalami lompatan nasib.

“Blibli mah platform jualan saja, tapi kan selama ini kamu tahunya jualan onlie fashion, gak ada beli beras dan sayuran ke petani, nah ini ada [contoh suksesnya] berarti tinggal ditiru petani se Jabar,” katanya.

Namun dia memastikan karena kelemahan petani di desa adalah soal pengetahuan akan teknologi maka pihaknya menugaskan pada BliBli untuk melatih warga supaya melek digital.

“BliBli saya tugaskan jangan nerima saja, latih juga datangi petani. BliBli dapat tugas tambahan mengedukasi dan mendampingi sampai berhasil. Contohnya kripik jengkol Bu Imas,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper