Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan International Copper Association (ICA) akan mengaudit setiap rumah penduduk melalui survei peralatan listriknya mulai 2019-2024.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan kerjasama ini menjadi bagian dari cetak biru ketahanan kebencanaan atau West Java Resilience Blue Print yang tengah dipersiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pihaknya menuturkan kerjasama ini digelar atas petunjuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menunjuk Jawa Barat sebagai area percontohan tentang keselamatan kelistrikan ini.

“Jadi, semua rumah akan diaudit kerja sama dengan mereka [ICA]. Nanti akan ketahuan kategorinya rumah yang aman, kurang, aman, dan tidak aman,” lanjutnya di Bandung, Selasa (30/4).

Hasil audit nanti menurutnya akan bisa menentukan rumah yang aman, kurang aman, dan tidak aman. Kurang Aman dan Tidak Aman artinya rumah tersebut mempunyai potensi kebakaran.

“Kepada rumah yang memiliki potensi kurang aman dan tidak aman, kita akan edukasi untuk mengganti (alat kelistrikan) dengan kualitas kelistrikan yang memadai, supaya tidak terjadi lagi 70% kebencanaan kebakaran datang dari peralatan listrik yang tidak berkualitas,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya memastikan melalui kerja sama tersebut akan diberikan pula edukasi kepada para petugas instalasi listrik yang ada di Jawa Barat. “Jadi, akan diaudit alat-alat hingga instalasi kelistrikan. Kedua, kita juga akan mengedukasi petugasnya,” katanya.

Kerja sama Jabar-ICA terkait kampanye keselamatan kelistrikan ini mengambil tema Safety, Green, and Smart Electricity. Hal ini ditandai dengan pemberian sertifikat gratis bagi petugas atau instalatur listrik. “Sertifikat kompetensi ini diperlukan para tenaga ahli untuk menunjang kredibilitasnya,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper