Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Cimahi Raih Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Terbaik

Kota Cimahi Raih Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Terbaik/Bidang IKPS Kota Cimahi
Kota Cimahi Raih Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Terbaik/Bidang IKPS Kota Cimahi

Bisnis.com, CIMAHI -  Bertepatan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXIII, Kota Cimahi dinobatkan sebagai salah satu dari 10 kota di Indonesia yang memiliki kinerja terbaik dan tertinggi tahun 2019.

Prestasi itu diraih berdasarkan penilaian dan evaluasi yang dilakukan oleh Tim Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kota Cimahi Tahun 2017.

Berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi, tim menyatakan Pemerintah Kota Cimahi dinilai memiliki kinerja tinggi dalam pelaksanaan urusan wajib dan urusan pilihan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang LPPD kepada Pemerintah, LKPJ kepada DPRD dan ILPPD kepada Masyarakat, Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pedoman EKPPD, dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, Peringatan Hari Otonomi Daerah harus dimaknai bahwa pemerintah daerah hadir untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah daerah juga harus bisa menumbuhkan kemandirian daerah, transparansi dan akuntabilitas.

“Otonomi daerah harus memberi manfaat untuk daerah, bermanfaat bagi masyarakat, membuat daerah membangun tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan taat hukum sehingga otonomi daerah benar-benar bisa dirasakan secara maksimal oleh masyarakat,” ujar Tjahjo, Kamis (25/4/2019).

Tjahjo menambahkan, setiap daerah harus mempunyai inovasi sehingga dapat meningkatkan daya saing sebagai daerah otonom untuk menghadapi persaingan global.

Menurutnya, dengan meningkatnya perekonomian masyarakat di daerah, maka akan memberikan dampak terhadap pengurangan angka kemiskinan, meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan, mendorong penciptaan lapangan pekerjaan, menjaga kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, mewujudkan kerukunan antar suku dan agama serta meminimalisir berbagi pengaruh radikalisme.

Sementara itu, Wali Kota  Cimahi Ajay Muhammad Priatna menambahkan, apresiasi yang diberikan Kemendagri kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota yang mempunyai kinerja tinggi diharapkan menjadikan motivasi bagi peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Saya mengucapkan rasa syukur dan rasa terima kasih kepada masyarakat karena Kota Cimahi berhasil menjadi salah kota terbaik dalam LPPD di Indonesia. Saya berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk menjalankan pemerintahan dan dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Cimahi,” katanya.

Sumber: Bidang IKPS Kota Cimahi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Novianti
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper