Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, BANDUNG -- Kota Bandung terus memperkuat jejaring kerja sama dengan kota dan daerah lain di luar negeri. Hal tersebut bagian dari upaya meningkatkan laju pertumbuhan Kota Bandung.

"Kita bekerja sama dengan kota/kabupaten lain dan juga kota di luar negeri untuk saling membantu. Kita saling membantu untuk kemajuan bersama,” kata Wali Kota Bandung, Oded M Danial dalam rilisnya, Senin (28/1).

Perlu diketahui, Kota Bandung dan Petaling Jaya merupakan sister city. Sedangkan Petaling Jaya berada di negara bagian Selangor Malaysia.

Oded mengatakan, Kota Bandung yang telah menjalin kerjasama cukup lama dengan Kota Petaling Jaya. Sejumlah potensi yang ada bisa lebih berkembang melalui kerja sama tersebut.

Hal yang telah berjalan di antaranya, kerja sama di sektor ekonomi. Pada 2016 lalu, Kota Bandung teah memiliki Little Bandung di Petaling Jaya. Sebaliknya, Petaling Jaya mengirimkan pegawainya untuk mempelajari Smart City di Kota Bandung.

"Mudah-mudahan kerjasama dengan Petaling Jaya bisa terus berlanjut dan menghasilkan kerja sama yang bermanfaat bagi kita semua," kata Oded.

Sementara itu, Selangor Chief Minister, Aminuddin Bin Shari mengucapkan terima kasih atas jamuan makan malam bersama di Pendopo itu. Hal ini menjadi penguat silahturahmi dan kerja sama kedua negara lebih baik.

"Kami ke Bandung ini hanya melakukan agenda rapat kerja saja. Tetapi ini menjadi silaturahmi yang penting antar negara untuk menguatkan kerjasama yang sudah terjalin,” katanya.

Aminuddin yakin, kota Bandung dengan sumber daya manusia yang produktif mampu memajukan kotanya dengan baik. Kota Bandung menjadi barometer kemajuan kota bagi Selangor.

"Sister city Petaling Jaya dan Bandung bisa terus terjalin, kita ciptakan wilayah yang produktif dengan kerjasama antar negara yang maksimal," tuturnya.

Ia meyakini bahwa sister city yang telah dijalin, mampu memajukan potensi ekonomi bagi kedua kota tersebut.

"Saya yakin Bandung dengan penduduk yang banyak, SDM yang produktif, mampu mengelola ekonomi dengan baik. Kita lihat saja dengan jumlah wisatawan yang datang ke sini terbukti tingkat ekonomi Bandung luar biasa," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler