Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kawasan wisata Talaga Bodas/Instagram @jabartourism
Kawasan wisata Talaga Bodas/Instagram @jabartourism

Bisnis.com, GARUT - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, mencanangkan program prioritas pembangunan 10 destinasi wisata agar lebih nyaman dan aman sehingga dapat mendongkrak kunjungan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara di Garut.

"Sesuai rencana kita, ada program prioritas 10 destinasi wisata atau program top ten yang akan dikembangkan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Budi Gan Gan kepada wartawan di Garut, Senin.

Ia menuturkan, program prioritas 10 pembangunan destinasi wisata itu upaya Pemerintah Kabupaten Garut bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pusat pada 2019 agar wisata unggulan tersebut memiliki daya tarik lebih untuk menarik wisatawan.

"Jadi 2019 ini akan dilakukan penataan untuk 10 prioritas destinasi wisata itu," kata Budi.

Ia menyebutkan, program prioritas 10 destinasi wisata tersebut yakni objek wisata Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Situ Cangkuang di Kecamatan Leles, Pantai Sayangheulang di Kecamatan Pameungpeuk, Cijeruk, Karang Paranje di Kecamatan Cibalong, Pantai Rancabuaya di Kecamatan Caringin.

Selanjutnya objek wisata kawah Talaga Bodas di Kecamatan Pangatikan, wisata kawasan Kamojang di Kecamatan Samarang, kebun binatang Cikembulan di Kecamatan Kadungora dan pemandian air panas Darajat di Kecamatan Pasirwangi.

"Destinasi wisata yang masuk prioritas itu berdasarkan hasil penilaian tingkat kunjungannya dan potensi wisatanya yang bagus sehingga banyak pengunjung," kata Budi.

Selain 10 destinasi wisata itu, kata dia, Disparbud Garut juga memiliki program khusus untuk pengembangan objek wisata yakni tiga prioritas pembangunan wisata yakni Cipanas Garut, Gunung Papandayan dan Pantai Santolo.

Menurut dia, tiga objek wisata itu paling favorit atau selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah sehingga membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah untuk terus dikembangkan.

"Tiga destinasi wisata itu dari sisi jumlah pengunjung paling banyak," katanya.

Ia berharap, program pengembangan destinasi wisata di Garut dapat berjalan sesuai harapan sehingga memberikan dampak baik terhadap pariwisata Garut, khususnya menumbuhkan perekonomian masyarakat Garut.

"Kita harapkan ada pergerakan ekonomi yang lebih baik dari kondisi lokasi yang sudah ada," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper