Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Pengembangan Ekonomi Umat, BNI Syariah Teken MoU dengan Pemprov Jabar

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Bisnis-Novi
Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Bisnis-Novi

Bisnis.com, BANDUNG – BNI Syariah menandatangani nota kesepahaman dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi di Jawa Barat. Pengembangan ekonomi itu direalisasikan melalui tiga program, yaitu Mesra (Pembiayaan Masjid Sejahtera), One Village One Hafidzh dan Rumah Sehat.

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo mengatakan program Mesra merupakan program pembiayaan untuk masyarakat tidak mampu melalui pemberdayaan dengan skema pinjaman.

Sumber dana pinjaman tersebut berasal dari dana kebajikan, yaitu Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) yang dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk kredit kecil dan pemberdayaan.

“Nantinya, penerima pembiayaan wajib menyicil untuk digulirkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan modal usaha. Kami mengalokasikan dana sebesar Rp1 miliar untuk 10 masjid,” ujar Abdullah, pada Selasa (13/11/2018).

Abdullah memaparkan program selanjutnya adalah One Village One Hafidzh. Program yang bersinergi dengan Yayasan Daarut Tauhiid ini bertujuan untuk mencetak generasi-generasi penghafal Al-Quran di kota-kota yang ada di Jawa Barat. Santri-santri binaan Yayasan Daarut Tauhiid akan mengajarkan ilmu agama dan kemandirian ekonomi di kota-kota tersebut.

Program lainnya adalah Rumah Sehat, yaitu pembangunan rumah sakit untuk masyarakat tidak mampu dengan pola kemitraan melalui fundraising di Wakaf Hasanah.

“Bentuk sinergi antara BNI Syariah dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah untuk mencetak lebih banyak enterpreneur muda sehingga menciptakan kemandirian di daerahnya masing-masing,” katanya.

Abdullah menambahkan melalui modal usaha berkelanjutan dan penguatan ZISWAF, BNI Syariah diharapkan dapat memberikan kontribusi positif untuk pemerintah dan masyarakat sesuai dengan komitmennya, yaitu Hasanah Banking Partner.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan tiga program ini merupakan contoh kolaborasi terbaik antara pemerintah dan perbankan.

“Ditargetkan dalam lima tahun kedepan bisnis syariah maju dan kesejahteraan masyarakat terbantu,” katanya.

Selain menandatangani tiga program ini, BNI Syariah juga melakukan grand launching relokasi Kantor Cabang Bandung. Sebelumnya, kantor cabang berada di Jalan Buah Batu Nomor 157 C. Saat ini, kantor cabang berada di lokasi yang lebih strategis dan nyaman di pusat perkotaan, yaitu Jalan Asia Afrika Nomor 174.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Novianti
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper