Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Hanya Susu, Buah Ini Juga Bisa Menguatkan Tulang

Sudah diketahui oleh umum bahwa susu dan keju dapat mencegah keroposnya tulang. Tapi, tak hanya susu dan keju saja, buah ini juga diketahui bisa mencegah keroposnya tulang.
Buah Plum /rhs.org
Buah Plum /rhs.org

Bisnis.com, BANDUNG – Sudah diketahui oleh umum bahwa susu dan keju dapat mencegah keroposnya tulang. Tapi, tak hanya susu dan keju saja, buah ini juga diketahui bisa mencegah keroposnya tulang.

Buah plum mungkin dikenal sebagai obat pencahar yang alami, tapi juga memiliki kekuatan super yang tidak diketahui. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, plum juga bisa menguatkan tulang kita.

“Banyak orang memiliki konotasi negatif dari plum," kata salah satu peneliti Nancy Turner seperti dilansir oleh Reader’s Digest.

"Mereka tidak menyadari bahwa plum bukan hanya buah lezat, mereka juga memiliki banyak manfaat kesehatan," ujar Turner menambahkan.

Peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi plum dapat melindungi tulang dari kerusakan akibat radiasi. Peneliti di Texas A & M melakukan percobaan pada tikus dan memberikan empat jenis perawatan.

Peneliti memberi campuran antioksidan, asam dihidrolipoat (asam yang memiliki sifat antioksidan), ibuprofen, dan bubuk yang terbuat dari plum. Kemudian, mereka mengekspos tikus tersebut ke radiasi pengion dan membandingkan hasilnya.

Hasilnya, tikum yang diberi plum adalah yang paling efektif mencegah kehilangan tulang akibat radiasi. Tikus yang tidak terkena radiasi dan telah mengkonsumsi plum, menunjukkan tulang yang lebih kuat, meningkat hampir 20 persen, kata peneliti.

Meskipun belum yakin mengapa hal itu terjadi, mereka berspekulasi bahwa hal ini disebabkan oleh campuran polifenol buah, yang memiliki tingkat antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi.

Temuan ini bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang selalu terpapar radiasi, seperti astronot. Namun, tidak ada salahnya menambahkan plum untuk makanan sehari-hari setiap orang, menurut Turner.

Turner juga merekomendasikan untuk mengonsumsi kira-kira 4-5 buah plum kering yang dimakan secara bertahap sepanjang hari untuk meningkatkan kesehatan tulang yang lebih baik.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ihya Ulum Aldin
Editor : Ajijah
Sumber : Reader\'s Digest
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper