Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Ekspresi Wajah, Hal ini Lebih Efektif Membaca Emosi Lawan Bicara

Banyak yang bilang bahwa ekspresi muka tidak bisa berbohong. Maka, untuk mengetahui isi hati seorang wanita, banyak pria yang fokus pada ekspresi wajah pasangannya.
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG - Banyak yang bilang bahwa ekspresi muka tidak bisa berbohong. Maka, untuk mengetahui isi hati seorang wanita, banyak pria yang fokus pada ekspresi wajah pasangannya.

Menurut sebuah penelitian terbaru, ternyata kita bisa memahami bagaimana perasaan orang lain hanya dengan mendengarkan nada bicara, daripada mencoba membaca isyarat wajah mereka.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal American Psychologist menyebutkan, orang yang hanya mendengarkan selama percakapan dan tanpa bisa membaca ekspresi wajah pasangan mereka, bisa lebih akurat mengukur perasaan orang lain. menurut sebuah studi baru.

Peneliti melakukan lima eksperimen berbeda yang melibatkan lebih dari 1.800 orang di Amerika Serikat. Dalam eksperimen tersebut, orang diminta untuk berinteraksi satu sama lain dalam berbagai keadaan.

Dalam beberapa kasus, mereka hanya dapat mendengarkan dan tidak melihat; Di kasus lain, mereka bisa melihat tapi tidak mendengarkan; Dan beberapa peserta mampu keduanya, melihat dan mendengarkan.

Berbeda dari pendapat umum, hasil penelitian ini menyebutkan bahwa mereka yang mendengarkan tanpa melihat, mayoritas benar dalam mengidentifikasi emosi orang lain.

Kepala penelitian ini, Michael Kraus, mengatakan bahwa banyak tes kecerdasan emosional yang mengandalkan persepsi wajah sebagai penilaiannya.

"Apa yang kami temukan di sini bahwa mungkin orang-orang terlalu memperhatikan wajah lawan bicaranya, padahal suara sangat mungkin memiliki lebih banyak konten yang diperlukan untuk memahami keadaan internal orang lain secara akurat," tambah Michael Kraus seperti dilansir oleh Men's Fitness.

Jadi, menjadi pendengar yang baik bisa menjadi salah satu hal paling bagus yang dapat kita lakukan untuk memiliki hubungan yang sehat dengan pasangan atau teman-teman kita.

Terlebih lagi saat kita sedang berdebat, fokuslah pada kata-kata yang diucapkan lawan bicara kita sambil mendengarkan intonasi bicaranya agar kita bisa paham emosi lawan bicara kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihya Ulum Aldin
Editor : Ajijah
Sumber : Men\'s Fitness
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper