Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perubahan Iklim Buat Beruang Makan Buah-buahan

Beruang grizzly yang dikenal memakan ikan salmon, kini malah memakan buah sambucus atau elderberry karena perubahan iklim.
Beruang grizzly / Telegraph
Beruang grizzly / Telegraph

Bisnis.com, ALASKA - Beruang grizzly yang dikenal memakan ikan salmon, kini malah memakan buah sambucus atau elderberry karena perubahan iklim.

Suhu bumi yang memanas, membuat sambucus berbuah lebih awal dari biasanya, bertepatan dengan datangnya salmon ke sungai-sungai di Pulau Kodiak, Alaska.

Seharusnya, beruang-beruang grizzly makan salmon di awal musim panas. Di akhir musim panas, tepatnya bulan Agustus dan September, mereka ganti memakan buah sambucus.

Ahli biologi dari Oregon State University, William Deacy, yang mempelajari fenomena ini menjelaskan bahwa fenomena ini membuat beruang-beruang seperti mengejar jadwal, seperti dikutip dari Telegraph.

"Pada dasarnya, seperti sarapan dan makan siang disajikan pada waktu yang sama. Tapi tidak ada yang bisa dimakan pada makan malam. Anda harus memilih antara sarapan dan makan siang karena Anda hanya bisa makan pada satu waktu saja," ujar William Deacy.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences ini menemukan bahwa selama musim panas tahun 2014, beruang tidak terlihat terlihat di dekat sungai untuk memakan salmon. Padahal, secara alami, beruang memakan hingga 75% salmon.

Sebagai gantinya, mereka memakan buah sambucus yang mengandung lebih sedikit protein sehingga mengurangi energi untuk disecarna. Efeknya, mereka bertambah berat badan dengan lebih cepat.

Ahli biologi memperingatkan bahwa perubahan yang disebabkan oleh bumi yang memanas berada di balik perilaku aneh beruang. Hal ini dapat mempengaruhi keseluruhan ekosistem.

Peneliti menemukan bahwa hutan di sekitar sungai menderita dampaknya juga. Bangkai ikan salmon yang bisa menjadi penyubur tanah, sudah tidak ada lagi.

"Beruang beralih dari makan salmon ke buah sambucus, mengganggu rantai ekologis yang biasanya membuahi ekosistem terestrial dan menghasilkan tingkat kematian yang tinggi untuk salmon," kata penelitian tersebut.

Secara rata-rata, buah sambucus merah matang 2,5 hari lebih cepat setiap dekade. Jika pola ini terus berlanjut, maka siklus awal muncul buah sambucus dan salmon akan benar-benar sama pada tahun 2070.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihya Ulum Aldin
Editor : Ajijah
Sumber : Telegraph
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper