Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gurun Terkering di Dunia, Tiba-Tiba Penuh Bunga

Tempat terkering di dunia, Gurun Atacama di Cile terkenal tidak memiliki kehidupan. Bahkan, bakteri pun tidak bisa hidup di tempat ini. Tapi, baru-baru ini, di Atacama bermekaran bunga-bunga yang indah.
Bunga di Gurun Atacama, Cile / Live Science
Bunga di Gurun Atacama, Cile / Live Science

Bisnis.com, CILE - Tempat terkering di dunia, Gurun Atacama di Cile terkenal tidak memiliki kehidupan. Bahkan, bakteri pun tidak bisa hidup di tempat ini. Tapi, baru-baru ini, di Atacama bermekaran bunga-bunga yang indah.

Gurun Atacama biasanya memiliki curah hujan hanya 0,6 inci (15 milimeter) setiap tahunnya. Tapi, pada bulan Agustus, hujan turun selama musim dingin di utara Cile dan menyebabkan pemandangan tandus khas gurun menjadi berwarna merah, oranye, kuning, ungu dan putih.

Dilansir oleh Live Science, fenomena yang terjadi lima sampai tujuh tahun sekali ini, oleh masyarakat sekitar diberi nama desierto florido (bahasa Spanyol yang artinya "gurun yang berbunga"). Hal ini disebabkan oleh sebuah siklus iklim di Samudra Pasifik berupa hujan yang dinamakan El Nino.

Gurun Atacama sebenarnya menyimpan jutaan biji yang mengalami dormansi atau tidak aktif di tanahnya. Saat tersiram air hujan, jutaan bibit ini kembali aktif dan tumbuh menjadi bunga yang berwarna-warni.

Fenomena desierto florido terakhir kali terjadi pada 2015 lalu. Tapi, hujan tiba-tiba mengguyur gurun ini dan membuat warga sekitarnya terkejut karena lebih cepat dari perkiraan.

Gurun Atacama berada di dataran tinggi, sekitar 1.000 kilometer di utara Cile yang berbatasan dengan Peru, Bolivia, dan Argentina. Fenomena gurun yang berbunga ini menarik ribuan wisatawan untuk melihat dan memotret lebih dari 200 spesies bunga serta satwa liar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihya Ulum Aldin
Editor : Ajijah
Sumber : Live Science
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper