Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wang/Daily Mail
Wang/Daily Mail

Bisnis.com, Shanghai -- Semua berawal dari tahun 1990. Saat itu, di umurnya yang 20 tahun dia hanyalah seorang kurir yang berkeliling kota Hong Kong menggunakan mobil van miliknya. Itu pun menurutnya bukan bisnis yang legal.

Orang itu Wang Wei, orang terkaya ketiga di China setelah Jack Ma dan Wang Jianlin. Menurut catatan Forbes, total hartanya mencapai US$ 23 miliar atau setara Rp 299 triliun.

Wang mendapatkan harta sebanyak itu setelah perusahaannya, SF Express, anak usaha SF Holdings, yang juga disebut Fed-Ex-nya China dijual ke publik.

Wang meraih sukses dengan cara yang tak mudah. Dia juga mengaku pernah mengalami kelaparan. Orang tuanya adalah profesor di sebuah universitas di China. Namun rekam jejak akademis mereka tidak dianggap saat pindah ke Hong Kong.

"Jadi kami memulai semuanya dari goresan," kata Wang dilansir Daily Mail, Selasa (21/3/17).

Belakangan diketahui ayahnya adalah seorang penerjemah bagi tentara China. Dan dalam satu waktu, dia ketahuan memberi modal US$ 20 ribu bagi Wang untuk memulai bisnisnya.

Wang kemudian melihat ada peluang bisnis mengirim paket dengan rute Hong Kong dan Shenzen, yang dikenal sebagai zona ekonomi spesial di China. Singkat cerita, Wang yang ulet dan pekerja keras sukses dalam bisnisnya.

Diketahui, pada waktu itu pengiriman paket bagi warga China adalah memakai jasa milik negara yang mahal dan lambat.

Wang dikenal jarang menjawab wawancara. Namun dalam wawancara dengan Guangzhou Daily dia mengatakan motivasinya membangun SF. "Banyaknya orang Hongkong yang memiliki pabrik di Guangdong waktu itu, menuntut untuk adanya jasa kurir," kata dia.

"Jadi saya pikir, mengapa saya tidak memulainya? dengan perusahaan kurir sendiri?" katanya.

Pada mulanya, dengan layanan murah dan tepat waktu. SF Express berhasil cepat meluaskan sayapnya. Dengan enam karyawan dia mulai merintis usahanya.

Namun, bisnis tak selalu berjalan mulus. Orang sukses pasti mengalami kesulitan atau kerugian. Hal itu juga dialami oleh Wang. Tepatnya di tahun 2003.

Kala itu, industri maskapai komersial tengah anjlok, yang kemudian memaksa Wang untuk mencharter pesawat agar bisnisnya tetap berjalan. Mulai saat itu, bisnis pengiriman paket terus berkembang.

Pada tahun 2009, pesawat carteran tidak bisa lagi memenuhi selera bisnis Wang. Dia mendirikan maskapai sendiri, SF Airlines, untuk mengirimkan paket.

Sekarang, jaringan SF sudah menjangkau 200 negara dengan lebih dari 15 ribu kendaraan. Semua itu juga terlepas dari berkembangnya Alibaba, perusahaan marketplace terbesar di China.

Dalam menjelaskan jalan untuk kekayaan, pria sederhana mengatakan hanya ada satu cara untuk membangun bisnis yang sukses yakni menjadi seorang pemberani, kreatif dan bertanggung jawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Agnes Savithri
Sumber : Daily Mail
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper