Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Relief sejarah Bandung era Wiranatakusumah/Ilham
Relief sejarah Bandung era Wiranatakusumah/Ilham

Bisnis.com, BANDUNG--Setelah diresmikannya Taman Sejarah pada Sabtu (4/2/17) kemarin, kini destinasi wisata Kota Bandung kian bertambah. Area yang terletak di Jl. Aceh itu merupakan bekas lahan parkir Gedung DPRD Kota Bandung, kini sang Wali Kota 'menyulapnya' menjadi taman yang rupawan.

Ridwan Kamil selaku Wali kota Bandung mengatakan Taman Sejarah ini akan menjadi tempat yang cocok bagi siapa saja yang ingin mempelajari sejarah Kota Bandung, terutama kalangan anak-anak dan remaja.

"Disinilah lahir kemerdekaan Asia-Afrika, Bandung itu rahimnya Indonesia, hamil tuanya di Kota Bandung. Selain itu Bung Karno dan Bung Hatta pertama kali berkenalan di Kota Bandung, jadi betapa luar biasanya kota yang mulia ini," katanya saat peresmian Taman Sejarah, Sabtu (4/2/17).

Kini, setelah beberapa hari peresmian, taman itu masih banyak didatangi wisatawan. Hal itu mengingatkan bahwa taman dengan tematik persejarahan itu merupakan destinasi wisata yang patut Anda datangi.

Dalam pantauan Bisnis, Rabu (8/2/17), tampak anak-anak bergembira bermain di kolam air kecil sebagai sarana bermain dengan dinanguni pohon-pohon tinggi sehingga suasana menjadi teduh. Anda tak perlu khawatir bagaimana cara mengawasi mereka, sebab terdapat kursi yang berderet sehingga Anda senantiasa memantaunya setiap saat.

Bina (35), wanita asal Ujung Berung Bandung turut serta membawa anaknya yang masih sekolah. Dia menceritakan kunjungannya ke Taman Sejarah karena diliputi penasaran. Dari sinilah dia tahu perihal sejarah Kota Bandung serta para pemimpinnya terdahulu.

"Cuma pingin tau karena orang-orang pada ke sini, jadi pulang anak sekolah langsung ke sini deh. Saya juga baru tau kalau dalem kaum itu dulunya Bupati, saya tau nya nama jalan aja," katanya kepada Bisnis, Rabu (8/2/17).

Selain menikmati kolam yang diperuntukkan anak-anak, Anda dapat melihat 16 tokoh pemimpin Kota Bandung terdahulu dalam media kaca. Anda pun dapat berswafoto atau mempelajari toko-tokoh tersebut.

Di area lain, Anda dapat melihat relief yang secara khusus menceritakan sejarah Bandung era Wiranatakusumah. Di sana pula Anda dapat mengetahui Bandung tempo dulu hingga kini dengan visualisasi yang menarik, mulai dari Bandung prasejarah, pasca kemerdekaan dan Bandung era saat ini.

Seniman Tisna Sanjaya memberikan apresiasi besar dengan adanya Taman Sejarah ini. Dia mengatakan bahwa masyarakat modern perlu untuk mengetahui sejarah Bandung.

"Tempat ini sangat penting karena dapat mengedukasi masyarakat, ini merupakan kepeduliaan Pemerintah Kota. Sungguh membanggakan karena telah mengajarkan kepada warga tentang hal proses sejarah tidak hanya hasil sejarah," jelasnya pada peresmian Taman Sejarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler