Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/Reader digest
Ilustrasi/Reader digest

Bisnis.com, BANDUNG-- Mata lelah merupakan suatu kondisi di mana akibat penggunaan yang intens dari aktivitas sehari-hari. Misalnya, membaca buku, bekerja di depan komputer, ataupun mengemudi di mana hal itu memerlukan tingkat fokus yang tinggi. Hal ini mungkin sudah menjadi hal yang biasa, namun apabila tidak ditangani dengan baik, aktivitas Anda dapat terganggu.

Dilansir dari Mayoclinic, Selasa (7/2/17), berikut adalah gejala, penyebab serta pengobatan mata lelah yang perlu Anda ketahui.

Gejala

-Mata terasa kering, perih, dan gatal
-Mata terasa berat dan terkadang berair
-Penglihatan tidak bisa fokus
-Penglihatan menjadi kabur atau ganda
-Sensitif terhadap cahaya
-Sakit pada kepala, leher, punggung, dan bahu

Penyebab

Salah satu faktor yang paling sering menyebabkan mata lelah adalah penggunaan perangkat elektronik digital dalam jangka waktu yang lama. Misalnya, komputer.

Namun, tak hanya itu saja, beberapa hal sepele berikut ini juga menyebabkan kelelahan pada mata.

Membaca dan mengemudi yang memerlukan tingkat fokus penglihatan yang tinggi, sering terkena cahaya yang terlalu terang atau silau akan menyebabkan mata Anda terasa tegang, berusaha melihat dalam cahaya yang sangat redup dan berada pada tempat yang udaranya sangat kering atau sangat dingin.

Pengobatan

Kelelahan pada mata tidak memerlukan penanganan yang serius. Cukup dengan mengistirahatkannya, rasa lelah itu pun akan hilang. Namun, apabila mata Anda terasa berat dalam kurun waktu yang lama, biasanya dokter akan menganjurkan untuk menggunakan kacamata. Dan yang terakhir, hindari menatap layar komputer terlalu lama serta kurangai intensitas cahaya pada layar monitor Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Mayoclinic
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler