Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makanan Ini Dapat Membantu Memori Anda

The National Institute of Health mengatakan ada cukup bukti bahwa makanan, diet atau gaya hidup sehat berpengaruh pada pencegahan penyakit Alzheimer.
Ilutrasi makanan sehat/Health.com
Ilutrasi makanan sehat/Health.com

Bisnis.com, BANDUNG - The National Institute of Health mengatakan ada cukup bukti bahwa makanan, diet atau gaya hidup sehat berpengaruh pada pencegahan penyakit Alzheimer.

Jadi bila Anda ingin memiliki daya ingat yang tinggi serta mencegah timbulnya penyakit Alzheimer, maka daftar makanan ini pantas untuk mulai dikonsumsi.

Berikut daftar makanan yang dihimpun dari situs Health.com:

Salad dressing

Makanan ini memiliki vitamin E dan antioksidan yang kuat. Vitamin E dapat membantu melindungi neuron atau sel saraf. Pada penyakit Alzheimer, neuron di bagian-bagian tertentu pada otak mulai mati yang akan berpengaruh pada penurunan daya ingat.  Contoh makanan ini salah duanya adalah mayonnaise dan vinagrette.

Ikan

Salmon, mackerel, tuna, dan ikan lainnya kaya akan asam lemak omega 3, termasuk asam docosahexaenoic (DHA). Pada otak, DHA sangat penting untuk fungsi normal dari neuron.

Sayuran berdaun hijau tua

Bayam dan brokoli merupakan sumber yang baik dari vitamin E dan folat. Misalnya, satu cangkir bayam mentah memiliki 15% dari asupan harian vitamin E, dan 1/2 cangkir bayam yang dimasak memiliki 25% dari asupan harian Anda.

Alpukat

Buah-buahan ini merupakan sumber yang kaya akan vitamin antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin E termasuk alpukat akan terhindar lebih rendah risiko terkena Alzheimer.

Biji bunga matahari

Benih, termasuk biji bunga matahari, juga merupakan sumber yang baik dari vitamin E. Satu ons biji bunga matahari kering-panggang mengandung 30% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Kacang tanah dan selai kacang

Meskipun keduanya tinggi lemak, kacang tanah dan selai kacang cenderung menjadi sumber lemak sehat dan vitamin E. Kedua makanan tersebut dapat membantu menjaga jantung dan otak sehat. Pilihan yang baik lainnya adalah almond dan hazelnut.

"Ada beberapa penelitian yang menjelaskan bahwa kacang-kacangan baik untuk otak dan jantung," kata Maria C. Carrillo, PhD, direktur senior hubungan medis dan ilmiah pada Asosiasi Alzheimer yang berbasis di Chicago.

Buah berry

Penelitian terbaru pada Pertemuan Nasional American Chemical Society di Boston menemukan bahwa blueberry, stroberi, dan buah acai dapat membantu menahan penyakit Alzheimer. Hal ini dapat membantu menyingkirkan protein beracun seiring bertambahnya usia.

Biji-bijian

Biji-bijian kaya akan serat. Penelitian dari Columbia University Medical Center di New York City menunjukkan bahwa makan biji-bijian dapat menurunkan risiko gangguan kognitif ringan yang dapat berkembang menjadi penyakit Alzheimer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Health.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper