Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batu Akik Lokal yang Lagi Ngetren Sekarang

Batu Akik yang kini tengah banyak digandrungi dan menjadi tren di masyarakat Indonesia membuat orang berama-ramai mencari berbagai macam batu akik.
Batu Zamrud/Akiks.com
Batu Zamrud/Akiks.com

Bisnis.com, BANDUNG - Batu Akik yang kini tengah banyak digandrungi dan menjadi trend di masyarakat Indonesia membuat orang berama-ramai mencari berbagai macam batu akik.

Berikut ini beberapa jenis batu akik lokal dari Indonesia yang indah dan fenomenal.

Pertama, batu bacan merupakan jenis batu mulia atau batu akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan.

Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari adalah jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.

Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan sendiri mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Kedua, batu zamrud, jenis permata ini memiliki warna hijau bening sampai hijau tua dan dikenal sebagai permata indah dengan harga mahal.

Batu zamrud dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian.

Ketiga, batu Ruby sering juga disebut batu merah delima termasuk salah satu dari sekian banyak batu permata yang paling disukai di dunia termasuk di Indonesia.

Batu ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian.

Keempat,  Batu opal atau yang di Indonesia dikenal dengan istilah batu kalimaya ini banyak ditemukan di Daerah Banten.

Harga batu kalimaya sendiri bervariasi tergantung kualitas. Harga batu opal atau kalimaya termahal sekita US$2.500 per karat.

Kelima, batu akik sungai dareh termasuk salah satu batu cincin populer dan termahal saat ini. Batu akik sungai dareh berasal dari Sumatera Selatan.
Popularitas batu ini mulai menanjak sejak Presiden SBY dan Barack Obama (Presiden Amerika) di duga mengenakan batu tersebut di jari tangan mereka.

Keenam, batu lavender. Dalam sebuah kompetisi, harga batu lavender yang berhasil memenangkan kontes ditawar hingga Rp175 juta.

Batu ini banyak ditemukan di wilayah Simpang dan Segara Kembang Kecamatan Lengkiti Oku Sumatera Selatan.

Selain itu, batu lokal yang tengah populer dan tengah menjadi fenomena di Indonesia yaitu batu giok aceh atau lebih dikenal dengan sebutan Batu Lumut Aceh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Newswire
Sumber : Akiks.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper