Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Dampak Buruk Perceraian Orang Tua bagi Anak-anak

Bagi Anda yang sudah menikah, pasti perceraian adalah satu hal yang selalu dihindari. Tapi kadang-kadang keputusan-keputusan sulit harus diambil sehubungan dengan kondisi yang terjadi.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG -- Bagi Anda yang sudah menikah, pasti perceraian adalah satu hal yang selalu dihindari. Tapi kadang-kadang keputusan-keputusan sulit harus diambil sehubungan dengan kondisi yang terjadi.

Tentu saja, perceraian merupakan mimpi buruk bagi Anda dan pasangan Anda, terutama jika Anda berdua memiliki anak. Anda tahu bahwa perceraian dapat memberikan efek psikologis yang buruk. Namun, seperti dilansir dari healthmeup.com, di sini adalah efek mengerikan perceraian bagi anak-anak.

1. Penurunan akademik

Menurut beberapa penelitian, anak-anak yang menjadi korban perceraian sering memiliki masalah perilaku yang kemudian berdampak negatif pada kemampuan akademik mereka.

2. Kecenderungan akan terpengaruh oleh hal yang buruk

Anak-anak yang menjadi korban perceraian cenderung merasa 'hilang' dan tidak memiliki sistem pendukung dalam hidup mereka. Mereka lebih cenderung untuk terlibat dalam penggunaan alkohol, rokok, dan obat-obatan.

3. Rendahnya kualitas hidup

Anak-anak yang orang tuanya bercerai biasanya menurunkan kualitas hidup. Hal ini disebabkan pembagian pendapatan.

4. Disalahgunakan

Perceraian mampu membuat anak-anak pada risiko tinggi untuk menerima pelecehan dari anak-anak lain dan rentan terhadap masalah kesehatan.

5. Obesitas dan gangguan makan

Gangguan makan sering efek psikologis yang dialami oleh anak-anak dari perceraian. Mereka bisa menjadi pemakan emosional yang kemudian menyebabkan obesitas.

6. Tekanan psikologis

Trauma psikologis yang dialami oleh anak korban perceraian. Mereka bisa menderita stres, depresi, kecemasan, dan efek psikologis jangka panjang lainnya.

7. Apatis berhubungan

Perceraian dapat menyebabkan trauma berkepanjangan bagi anak-anak. Mereka mungkin orang-orang yang merasa apatis dengan hubungan dan menganggap bahwa hubungan tidak penting.

8. Seks bebas

Seks bebas bisa menjadi pelarian anak-anak yang menjadi korban perceraian. Tentu saja hal ini dapat memberikan dampak negatif. Oleh karena itu mempertimbangkan dengan hati-hati jika Anda ingin mengambil keputusan. Atau jika perceraian adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar, menciptakan suasana dukungan untuk anak selama masa pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper